Teknologi buatan siswa SMA ini dapat mencegah pintu mobil penyok

Teknologi buatan siswa SMA ini dapat mencegah pintu mobil penyok

Techno.id - Terkadang kejadian sepele dapat mengubah sesuatu yang cantik menjadi tidak enak dilihat. Seperti halnya mobil kesayangan, karena terburu-buru membuka pintu mobil, maka tanpa sengaja pintu mobil bisa saja terbentur tembok. Walaupun tidak terlalu keras, namun bekas yang ditimbulkan akan tetap terlihat. Untunglah, hal semacam ini tak akan terulang lagi berkat teknologi temuan siswa dari SMA di Jerman.

Sekelompok siswa yang menyebut diri mereka sebagai tim dari Cologne's Erzbischoefliche Liebfrauenschule berhasil menciptakan bumper canggih yang dikenal dengan nama i-protect. Mereka mengklaim bahwa teknologi ini dapat menghindarkan pintu mobil Anda dari benturan, seperti yang disadur dari Gizmag.

Teknologi yang mereka buat hampir mirip dengan sistem keamanan mobil untuk parkir. Jadi, pintu mobil akan disematkan sensor jarak untuk menjaga agar pintu tidak bertubrukan dengan benda lain di sekelilingnya. Namun bedanya, sensor tersebut dapat melakukan pengereman pada pintu mobil begitu mendeteksi objek yang memungkinkan adanya benturan.

Menarik bukan? Kecanggihan teknologi ini telah menyabet juara pertama pada kompetisi entrepreneur grup konsultan Boston. Bahkan, kabarnya i-protect sedang dikembangkan lagi untuk dikomersilkan pada produsen otomotif.

(brl/red)