Di masa depan, mobil juga dapat berperan sebagai valet

Di masa depan, mobil juga dapat berperan sebagai valet

Techno.id - Seperti diketahui, valet ialah nama sebuah pekerjaan yang membantu para pemilik kendaraan untuk mencari tempat parkir. Tentu saja, pekerjaan jenis ini masih membutuhkan tenaga kerja manusia untuk dapat melakukannya.

Namun, pernahkah terpikir di dalam benak Anda jika pekerjaan ini nantinya tak lagi membutuhkan tenaga kerja manusia? Dengan kata lain, kendaraan itu sendiri yang nantinya akan berperan sebagai valet.

Ya, kendaraan jenis mobil di masa depan nantinya akan dilengkapi dengan sebuah teknologi yang memungkinkan mobil dapat melakukan proses parkir secara otomatis. Bahkan, teknologi tersebut juga dapat membuat mobil kembali kepada pemiliknya.

Saat ini, ide (teknologi) luar biasa tersebut masih dalam tahap percobaan dalam bentuk kerja sama antara Bosch, Daimler, dan Car2go. Mereka mengklaim, parkir secara otomatis tak lagi mustahil jika teknologi yang mereka diciptakan digabungkan.

Dengan menggabungkan infrastruktur intelijen di dalam tempat parkir mobil dan vehicle control unit dari Bosch yang akan diaplikasikan pada sensor generasi terbaru milik Mercedez-Benz serta keistimewaan dalam car-sharing dari Car2go, parkir otomatis sangat mungkin dilakukan jika tempat parkir telah dilengkapi dengan infrastruktur khusus.

"Pelanggan akan selalu menjadi pusat perhatian kami, dan semua pengembangan yang kami lakukan berorientasi pada pelanggan. Di masa depan, bahkan mobil pun akan mendatangi mereka," jelas Prof. Dr. Thomas Weber, anggota dewan Daimler AG dalam Group Research & Mercedez-Benz Cars Development sebagaimana dikutip dari Merdeka, Selasa (21/07/2015).

"Kami bekerja sama dengan Bosch dan pelayan mobil Car2go dalam mengembangkan dan menguji solusi berbasis infrastruktur untuk layanan parkir valet otomatis. Bagi kami, ini adalah langkah lanjutan untuk menuju kemudi otomatis (otonomos)," imbuhnya.

Secara teknis, sistem kerjanya yakni menggunakan teknologi smartphone untuk memanggil kendaraan melalui Car2go. Jika pengguna akan memarkir mobilnya, mereka cukup berada di zona pick up. Selanjutnya, mobil akan berjalan dengan sendirinya untuk menjemput sang pemilik.

Lalu, kapan teknologi ini mulai diaplikasikan ke masyarakat luas? Dr. Dirk Hoheisel selaku anggota dewan Bosch yang berperan penting dalam proyek ini mengatakan, parkir otomatis akan siap untuk diproduksi secara massal sebelum teknologi berkendara otomatis (otonomos) diluncurkan.

(brl/red)