Tamasya ke luar angkasa menggunakan balon sudah berhasil dilakukan

Tamasya ke luar angkasa menggunakan balon sudah berhasil dilakukan

Techno.id - Industri pariwisata akan mengalami perubahan besar-besaran. Bagaimana tidak, tadinya mungkin Anda hanya dapat berwisata ke luar pulau, atau paling jauh ke luar negeri. Kini, pariwisata telah berkembang pesat dan menawarkan kepada Anda sebuah pemandangan indah di luar angkasa.

Perusahaan World View akan meningkatkan industri pariwisata dengan menciptakan balon terbang yang dapat mengangkut enam orang penumpang. Balon bervolume 400.000 meter kubik ini akan mengangkut penumpang di dalam sebuah kapsul yang diterbangkan di atas permukaan bumi dengan ketinggian sekitar 51,5 Km.

Nantinya, penumpang dapat menikmati pemandangan tak terlupakan di luar angkasa selama 2 jam. Namun, sebelumnya wisatawan harus bersedia menempuh perjalanan pulang pergi ke sana kurang lebih selama 6 jam. Agar penerbangan ini aman, World View melakukan uji coba di Amerika Serikat menggunakan prototipe bola dengan ukuran tiga kali lebih kecil dari kapsul yang sesungguhnya.

Uji coba itu pun berhasil dilakukan dan sanggup menerbangkan prototipe hingga 30,48 Km ke atmosfer bumi. Melihat keberhasilan itu, perusahaan berencana untuk melakukan uji coba yang sesungguhnya dengan kapsul berawak pada tahun 2017, seperti yang dikutip dari DigitalTrends (26/10/15).

Penerbangan balon udara ini hampir sama dengan perjalanan luar angkasa komersial yang dikelola oleh Virgin Galactic dan Blue Origin. Namun, World View menawarkan biaya yang lebih murah yakni Rp 1 miliar. Ini jauh lebih murah karena Virgin Galactic dan Blue Origin menarik biaya perjalanan sebesar Rp 2,7 miliar.

(brl/red)