NASA rilis foto baru Matahari tampakkan lubang hitam raksasa

NASA rilis foto baru Matahari tampakkan lubang hitam raksasa

Techno.id - Minggu ini, National Aeronautics and Space Administration (NASA) kembali merilis foto luar biasa terkait kehidupan di luar angkasa. Jika sebelumnya NASA memublikasikan ribuan foto planet Pluto sebagai objeknya, kini objek tersebut telah berganti menjadi Matahari.

Menurut situs resmi NASA (14/10), satelit Solar Dynamics Observatory miliknya pada 10 Oktober 2015 lalu berhasil menangkap sebuah gambar Matahari yang tengah menampilkan lubang hitam raksasa. Para ilmuwan NASA kemudian menamakan lubang ini dengan "big coronal hole".

NASA rilis foto baru Matahari tampakkan lubang hitam raksasa

Dari gambar yang dipublikasikan NASA, lubang yang besarnya diperkirakan mencapai 50 kali ukuran Bumi ini memiliki pola bergerigi yang tak beraturan. Para ilmuwan NASA meyakini, lubang tersebut terbentuk karena aliran angin berkecepatan tinggi yang berasal dari lubang itu sendiri.

Pihak NASA menegaskan, fenomena "big coronal hole" pada Matahari yang baru saja terjadi ini tidak perlu dikhawatirkan. Bahkan, para ilmuwan mengatakan jika lubang hitam ini memiliki efek bagus bagi planet Bumi, yakni menampilkan fenomena aurora selama beberapa malam terakhir.

(brl/red)