Inilah foto alam semesta terbesar yang pernah dibuat oleh manusia

Inilah foto alam semesta terbesar yang pernah dibuat oleh manusia

Techno.id - Berapa ukuran foto terbesar yang pernah Anda tahu? Berapa pixel dan berapa size-nya saat disimpan dalam storage? Well, foto yang satu ini adalah foto terbesar yang pernah dibuat oleh manusia.

Seperti yang telah diberitakan oleh Engadget pada hari Sabtu (24/10/15), seorang astronomer dari Ruhr-Universitat Bochum, Jerman telah 'membocorkan' sebuah foto alam semesta yang telah mereka buat. Foto tersebut adalah foto dengan ukuran terbesar yang pernah dibuat dalam sejarah, baik dari segi dimensi maupun size ketika disimpan dalam storage.

Inilah foto alam semesta terbesar yang pernah dibuat oleh manusia

Foto tersebut adalah hasil gabungan dari 268 foto selama lebih dari 5 tahun. Foto alam semesta tersebut kini berukuran ekstra besar dengan dimensi 46 miliar pixel, atau 855.000 x 54.000 pixel. Bisa Anda bayangkan sebesar apa jika foto tersebut dicetak dalam ukuran 100%.

"Jika Anda ingin menampilkan foto ini dalam layar Full HD TV, maka Anda Anda akan membutuhkan lebih dari 22.000 layar monitor," ujar Moritz Hackstein, seorang calon PhD yang juga terlibat dalam proyek tersebut.

Berapa ukurannya ketika dismpan dalam storage? Saat berupa file, foto alam semesta tersebut berukuran 197GB. Bukan tanpa tujuan Moritz dan kawan-kawan lainnya menjalankan proyek tersebut. Karena berkat foto ekstra besar itu, mereka telah bisa mengeksplorasi lebih jauh tentang plante-planet yang mengorbit dan berhasil menemukan setidaknya 50 ribu bintang!

(brl/red)