Perusahaan Kanada patenkan rancang bangun lift ke luar angkasa

Perusahaan Kanada patenkan rancang bangun lift ke luar angkasa

Techno.id - Sebuah gebrakan baru-baru ini dilakukan oleh perusahaan asal Kanada, Thoth Technology. Perusahaan spesialis penyedia perlengkapan antariksa tersebut kabarnya tengah mengajukan paten terkait rancang bangun lift ke luar angkasa.

Rancang bangun lift ini memang tak sepenuhnya bisa membawa Anda langsung ke luar angkasa. Namun, menurut Brendan Quine si penggagas rancang bangun lift berbentuk menara ini, nantinya setelah menara yang akan dibangun dengan ketinggian mencapai 19.312m di atas permukaan laut ini telah jadi, maka para peneliti bisa menjadikan menara ini sebagai landasan terbang bagi roket maupun misi berawak yang akan melakukan perjalanan eksplorasi ke luar angkasa.

Quine menambahkan, pembangunan menara dengan landasan untuk roket atau misi luar angkasa di atasnya ini nantinya diharapkan mampu menghemat bahan bakar sekitar 30 persen dari bahan bakar roket konvensional.

Seperti dikutip dari BGR (17/8/15), CEO Thoth Technology Caroline Roberts percaya pendirian lift menuju ke luar angkasa ini bisa menghadirkan pengalaman berbeda bagi industri antariksa internasional. Bahkan Roberts mengungkapkan, ke depannya selain bisa dimanfaatkan untuk kepentingan perjalanan luar angkasa, menara juga bisa dimanfaatkan sebagai sarana pariwisata, menara telekomunikasi, dan juga pembangkit energi berbahan dasar angin.

(brl/red)