Tak ada yang lebih baik dari website Universitas Indonesia

Tak ada yang lebih baik dari website Universitas Indonesia

Techno.id - Dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia, ternyata hanya Universitas Indonesia (UI) yang memiliki website terbaik. Universitas Indonesia berhasil menduduki peringkat pertama di Indonesia sebagai perguruan tinggi dengan website terbaik berdasarkan Webometrics Ranking of World Universities 2016.

Prestasi ini didapatkan UI karena mereka telah memaksimalkan kegunaan website institusinya dalam menyongsong era pendidikan berbasis Information Communication Technology (ICT). Tak hanya itu, UI juga terbilang aktif dalam meningkatkan artikel publikasi ilmiah nasional maupun internasional.

"Pencapaian UI sebagai Perguruan Tinggi dengan website terbaik di Indonesia bukan hanya milik UI semata melainkan juga keberhasilan Perguruan Tinggi lainnya di Indonesia yang telah bersama-sama memaksimalkan kegunaan website institusinya dalam menyongsong era pendidikan berbasis Information Communication Technology (ICT)," kata Rektor UI Prof. DR. Ir. Muhammad Anis, M.Met.

Sementara itu, untuk kawasan yang lebih luas, Universitas Indonesia berhasil meraih peringkat 13 di Asia Tenggara dan peringkat 758 di dunia. Dengan begitu, tak bisa dipungkiri bahwa usaha Universitas Indonesia dalam memajukan pendidikan melalui website telah mendapat apresiasi dari banyak pihak.

Webometrics mengaku memilih Universitas Indonesia menjadi yang terbaik di Indonesia karena perguruan tinggi tersebut telah memenuhi empat indikator, yaitu Presence (jumlah halaman website yang terekam Google), Impact (jumlah backlink), Openness (jumlah file dokumen), dan Excellence (jumlah artikel publikasi ilmiah).

Selain UI, beberapa perguruan tinggi Indonesia yang masuk ke dalam lima terbaik di Indonesia versi Webometrics 2016 yaitu Institut Teknologi Bandung (peringkat 2 di Indonesia ; peringkat 796 di dunia), Universitas Gadjah Mada (peringkat 3 ; peringkat 802), Universitas Diponegoro (peringkat 4 ; peringkat 1.442) dan Universitas Riau (peringkat 5 ; peringkat 1.502).

(brl/red)