CONNECT WITH US
Firli Firlani |
 19 Januari 2016 22:00

Tahun 2020, 5 juta pekerjaan musnah karena kemajuan teknologi

Jika ingin tetap bertahan, setidaknya Anda harus mengupdate skill untuk menerima perubahan ini.

Tahun 2020, 5 juta pekerjaan musnah karena kemajuan teknologi

Techno.id - Perkembangan kecerdasan buatan, robotika, dan bioteknologi akan mengancam banyak pekerjaan saat ini, seperti yang dilansir oleh Money.CNN.com (18/01/16). Nantinya tahun 2020, banyak pekerjaan administrasi dan pekerjaan kantoran akan menjadi korban kemajuan teknologi.

Hal ini sama dengan yang dialami pada peristiwa revolusi industri seperti yang dikatakan oleh Forum Ekonomi Dunia. Isu ini menjadi fokus utama yang dibicarakan organisasi tersebut. Pada pembahasannya, ditemukan dengan adanya revolusi teknologi ini mengakibatkan membunuh sebanyak 7,1 juta pekerjaan di negara-negara kaya karena redundansi dan otomatisasi.

Namun dari 7,1 juta pekerjaan yang akan hilang, revolusi teknologi ini akan menghasilkan 2,1 juta lapangan pekerjaan baru. Walaupun begitu, tetap akan membuat lima juta pekerjaan dihapuskan karena otomatisasi. Untuk itu, Forum Ekonomi Dunia menyarankan untuk semua negara harus berinvestasi untuk mengubah tenaga kerja mereka jika ingin tetap bersaing.

Salah satunya adalah dengan menjalankan program pembelajaran pendidikan untuk perubahan sedini mungkin. Hal ini tentu saja dimulai dari orang dewasa untuk mengupdate skill mereka untuk tetap bisa bertahan dengan revolusi teknologi tersebut.

WHAT TO READ NEXT ?