CONNECT WITH US
Erick |
 5 Januari 2016 10:00

Surat Ijin Mengemudi digital, kapan sampai ke Indonesia?

Tak perlu lagi repot membawa SIM saat mengemudi, atau bahkan khawatir hilang jika teknologi terbaru ini telah diterapkan.

Surat Ijin Mengemudi digital, kapan sampai ke Indonesia?

Techno.id - Hal menjengkelkan yang sering terjadi adalah, ketika dompet tertinggal di rumah, Anda malah dihadang oleh razia kendaraan bermotor di tengah perjalanan. Kini, kekhawatiran semacam itu takkan ada lagi, bahkan ketika Anda sedang tak membawa dompet beserta isinya sekalipun.

Bayangkan saja saat kendaraan Anda diberhentikan oleh pihak kepolisian di tengah perjalanan, ponsel Anda mengirimkan notifikasi dan Anda hanya perlu menunjukkan Surat Ijin Mengemudi melalui ponsel. Bagaimana polisi mengenali bahwa SIM tersebut memang milik Anda selain hanya dari foto yang tertera?

Surat Ijin Mengemudi (SIM) virtual
© 2016 blog.caranddriver.com/blog.caranddriver.com

Well, Anda harus memberikan konfirmasi sidik jari pada ponsel, dan bahkan, jika mendapat tilang pun bisa Anda teliti lebih detil melalui ponsel. Seperti yang telah diberitakan oleh Car Anda Driver pada hari Jumat (01/01/16) lalu, teknologi inilah yang sedang dikembangkan oleh Iowa Department of Transportation.

Pihaknya mengatakan bahwa telah menghabiskan dana sekitar Rp 557 juta untuk 'membawa' SIM tersebut pada ponsel pemiliknya. Namun untuk sementara, hanya handset berbasis iOS saja yang bisa menggunakan aplikasi yang oleh pengembangnya disebut sebagai fitur Harry Potter ini.

Selain praktis, teknologi ini tentu saja akan memangkas uang negara untuk biaya pembuatan kartu SIM. Uniknya lagi, pemilik SIM yang telah menggunakan layanan ini juga bisa melakukan selfie saat melakukan konfirmasi pada petugas untuk membuktikan apakah SIM tersebut memang miliknya ataukah bukan. Kapan ya teknologi ini sampai ke Indonesia?

 

WHAT TO READ NEXT ?