OPEC: 94% Mobil dengan bahan bakar fosil akan bertahan hingga 2040

OPEC: 94% Mobil dengan bahan bakar fosil akan bertahan hingga 2040

Techno.id - Walaupun banyak perusahaan teknologi yang terus mengembangkan kendaraan listrik. Namun bukan berarti akan menggeser mobil yang berbahan bakar fosil.

OPEC (Organization Of Petroleum Exporting Countries) mengatakan jika 94 persen kendaraan yang menggunakan bahan bakar fosil akan terus ada hingga tahun 2040, seperti yang dilansir oleh Mashable.com (29/12/15). Alasannya, OPEC menilai kendaraan yang menggunakan tenaga baterai atau listrik ini tidak memiliki terobosan teknologi serta memilikipenyediaan infrastruktur yang sedikit.

Namun dugaan itu bisa saja salah, pasalnya kendaraan dengan tenaga listrik kini menjadi primadona baru dan banyak produsen mobil sudah mulai mengembangkan teknologi baterai untuk produk mereka. Dukungan pemerintah juga penting, seperti yang dilakukan oleh pemerintah California, dikutip dari Bloomberg, nantinya semua mobil baru yang dijual akan nol emisi pada tahun 2030.

Jika dikatakan tidak memiliki terobosan teknologi, maka OPEC salah. Perusahaan Elon Musk, Gigafactories saat ini adalah yang terbaik dalam pengembangan teknologi baterai lithium-ion dan sudah dioperasikan untuk mobil Tesla. Namun, pendapat ini bisa dimaklumi, pasalnya 'kelompok negara penjual minyak' tersebut jelas akan tergeser jika semua kendaraan masa depan datang dengan daya baterai dan tentu saja akan berimbas pada penjualan minyak mereka.

(brl/red)