CONNECT WITH US
Erick |
 17 Maret 2016 05:00

Self driving car takkan berhasil jika perilaku mengemudi tak diubah

Apa saja yang harus dipersiapkan sebelum era kendaraan driverless benar-benar hadir untuk Anda?

Self driving car takkan berhasil jika perilaku mengemudi tak diubah

Techno.id - Kendaraan self driving memang diciptakan untuk mengurangi angka kecelakaan di jalan akibat kelalaian manusia dalam mengemudikan kendaraan. Tak lama lagi, kendaraan-kendaraan modern tersebut akan berbagi jalan dengan Anda.

Tapi yang perlu dipertimbangkan adalah, kendaraan ini menyesuaikan kondisi jalan dan perilaku pengemudinya dalam mengendarai. Artinya, jika cara mengemudinya sama dengan manusia, maka yang terjadi takkan jauh berbeda dengan mobil konvensional.

Seperti yang dilansir Wired pada hari Selasa (15/03/16) lalu, jika ingin program ini berjalan dengan lancar, maka yang lebih dahulu harus dipersiapkan adalah infrastruktur. Atau dengan kata lain, mempersiapkan jalan atau jalur yang memungkinkan untuk dilalui oleh kendaraan driverless tersebut.

Ilustrasi perilaku mengemudi yang harus ditertibkan
© 2016 wired.com/wired.com

Hal penting lain yang harus diubah adalah perilaku masyarakat dalam mengemudikan kendaraannya. Tak menutup kemungkinan saat era driverless tiba, sebagian masyarakat masih ingin tetap mengemudikan kendaraan pribadinya untuk alasan tertentu. Jika perilakunya tak diubah ke arah lebih baik, kecelakaan tetap bakal tak bisa dihindari.

Bayangkan saja, jika kendaraan driverless tersebut sedang melaju dengan kecepatan sedang, namun tiba-tiba ada pengendara lain yang mengemudikan mobilnya secara sembrono dengan tiba-tiba menyeberang, memotong jalan, atau yang paling parah adalah, salah memberikan lampu sein ketika hendak berbelok.

Memang bahnyak hal yang perlu dipertimbangkan sebelum teknologi ini benar-benar hadir dan bisa dinikmati masyarakat dunia. Mulai dari kesiapan pemerintah beserta regulasinya, hingga kesiapan mental masyarakat itu sendiri dalam menghadapi perubahan. Bagaimana menurut Anda sendiri?

 

WHAT TO READ NEXT ?