CONNECT WITH US
Firli Firlani |
 24 November 2015 22:00

Seberapa penting teknologi 3D untuk menyelamatkan hewan

Walaupun teknologi ini menjadi penting, tetap yang terpenting adalah kesadaran manusia itu sendiri.

Seberapa penting teknologi 3D untuk menyelamatkan hewan

Techno.id - kemajuan teknologi printing berdampak besar pada kehidupan yang ada di bumi, seperti teknologi 3D. Kini, teknologi tersebut tidak hanya digunakan untuk mencetak bahan manufaktur untuk industri saja karena terbukti teknologi tersebut juga bisa menyelamatkan hewan dari kepunahan.

Para akademisi, peneliti, dan pihak pemerintah bisa menggunakan teknologi ini untuk menyelamatkan hewan dilindungi saat mereka cedera karena ulah manusia. Dilansir oleh Techcrunch.com, 3D printing memiliki peranan penting terhadap penyelamatan hewan, seperti yang dilakukan para ahli saat menyelamatkan kura-kura yang tidak memiliki tempurung yang kuat. Dengan adanya teknologi ini, para Ahli dapat memberikan tempurung baru bagi kura-kura yang memiliki nama Cleopatra tersebut.

Tidak hanya itu, bahkan teknologi ini juga digunakan untuk menyelamatkan kuda untuk berjalan dengan sepatu yang didesain khusus karena penyakit yang disebut Laminatis. Baru-baru ini, seekor burung toucan kosta rika mengalami kehilangan sebagian paruhnya karena disiksa oleh sejumlah anak-anak.

Namun teknologi ini kembali menjadi penyelamat saat empat perusahaan yang memproduksi teknologi 3D ini membuatkan burung malang tersebut sebuah paruh palsu. Sebuah scanner 3D memang memiliki keakuratan yang tinggi untuk menduplikasi sebuah benda. Hal ini tentu saja membuat dampak besar untuk penyelamatan hewan yang hampir punah.

Teknologi ini tetap menjadi sesuatu yang penting untuk penyelamatan hewan. Namun yang terpenting, kesadaran manusialah yang mampu menjaga hewan-hewan tersebut agar tidak punah. Nah, bagaimana pendapat Anda?

WHAT TO READ NEXT ?