Sebentar lagi, Sharp akan jatuh ke pelukan perusahaan Taiwan

Sebentar lagi, Sharp akan jatuh ke pelukan perusahaan Taiwan

Techno.id - Salah satu akuisisi terbesar tahun ini bakal terjadi. Mengutip dari Reuters (24/02/16), Sharp dikatakan telah setuju dengan tawaran dari Foxconn. Menurut narasumber yang terpercaya, pabrik asal Jepang yang sudah berdiri sejak 1912 itu tak kuasa menolak mahar sekitar Rp84 triliun yang diajukan.

Akusisi ini ditanggapi positif oleh dewan direksi Sharp. Pertama, tawaran yang diajukan Foxconn terbilang sangat tinggi. Terlebih, Sharp belakangan sedang terseok-seok karena investasi jor-joran mereka untuk teknologi LCD masa depan tidak terlalu menguntungkan dan gagal bersaing dari segi harga dari produk vendor lain.

Jikalau takeover ini akan terlaksana, maka sejarah segera tergores pula. Foxconn bakal tercatat sebagai perusahaan asing yang mengakuisisi salah satu perusahaan terbesar dan tertua di Jepang.

Sementara itu bagi Foxconn, akuisisi ini diharapkan bisa membantu mereka berkompetisi dengan Samsung dan pemasok layar lain. Ya, vendor asal Taiwan itu kini masih tercatat sebagai salah satu pemasok terbesar komponen produk Apple Inc. Tentunya, mereka membutuhkan dukungan untuk terus berinovasi demi memuaskan klien dari Cupertino itu.

(brl/red)