Sanggup balapan di trek 10km, ini mobil listrik buatan UII Yogyakarta

Sanggup balapan di trek 10km, ini mobil listrik buatan UII Yogyakarta

Techno.id - Kabar gembira berhembus dari Universitas Islam Indonesia Yogyakarta yang belum lama ini meluncurkan mobil listrik terbarunya. Dinamai Kaliurang Unisi Generasi II, electronic vehicle (EV) itu bekerja dengan sistem operasi Android.

Seperti dilaporkan oleh Antara (06/11/15), Kaliurang Unisi Generasi II lahir berkat campur tangan mahasiswa dan dosen Fakultas Teknologi Industri (FTI) UII. Dibanding EV yang pernah mereka luncurkan sebelumnya, yakni Force Unisi, si Kaliurang lebih baik dari segi performa. Bahkan, mobil listrik ini sanggup diajak balapan di race 10km.

"Kaliurang Unisi Generasi II merupakan produk mobil listrik yang ditujukan untuk mengikuti kejuaraan mobil listrik, baik di tingkat nasional maupun internasional," Ketua Tim Mobil Listrik UII, Nazri Afandi Pasaribu menjelaskan.

Selain bodinya yang sudah lebih ramping dan kokoh karena menggunakan chasis tipe steel space frame, sistem kendali yang juga lebih optimal, serta kemudahan dalam memantau kondisi mobil lewat smartphone, mobil sepanjang 3 meter ini juga memiliki keunggulan lain.

"Kelebihan lain yang dimiliki mobil itu antara lain penggunaan baterai lithium ion generasi baru yang lebih ringan, handal dan tahan lama. Baterai dapat diisi ulang selama 2-3 jam untuk digunakan berkompetisi dalam race 10km," imbuh Nazri.

(brl/red)