Rusia ciptakan robot 'intelijen' berbentuk kecoa

Rusia ciptakan robot 'intelijen' berbentuk kecoa

Techno.id - Bicara soal teknologi robot, negara Rusia mungkin terlihat lebih 'pendiam' daripada negara-negara maju seperti Jepang atau Barat. Namun, bukan berarti negara kaya akan minyak itu tidak bisa membuat robot berteknologi tinggi.

Seperti prototipe robot serangga berbentuk kecoa yang baru-baru ini dipamerkan para ilmuwan dari Immanuel Kant Baltic Federal University. Mereka mengklaim, robot yang menghabiskan dana sekitar Rp 329 juta ini adalah robot terkecil yang pernah dibuat.

Rusia ciptakan robot 'intelijen' berbentuk kecoa

Sebagaimana dikutip dari SlashGear (25/09), salah seorang ilmuwan bernama Aleksey Belousov mengatakan, robot ini tak hanya memiliki tipikal bentuk yang menyerupai seekor kecoa. Akan tetapi juga dapat berjalan layaknya serangga sungguhan.

"Sebagai contoh, Berkeley University telah membuat robot kecoa selama empat tahun terakhir. Namun mereka tidak bisa membuatnya terlihat seperti serangga aslinya. Padahal, mereka bergerak lebih cepat daripada kami," ujar Aleksey.

Ketika disinggung nama perusahaan yang mendukung proyek ini, Aleksey cenderung enggan untuk berkomentar. Namun ia menegaskan jika robot kecoa ini diciptakan untuk mendukung berbagai kegiatan kemanusian.

Sebagai contoh, berkat ukurannya yang hanya sepanjang 10 cm, robot ini dapat menyelinap di dalam reruntuhan untuk mencari korban selamat. Guna mendukung kegiatan, robot ini pun disebutkan telah dilengkapi dengan beberapa sensor canggih.

Adapun beberapa sensor yang dimaksud di antaranya yakni sensor cahaya, sensor sentuhan, dan sensor nonkontak. Robot yang bergerak pada kecepatan 30 cm per detik ini juga dikatakan mampu mengangkat beban seberat 10 gram, yang artinya cocok untuk kamera pengintai kecil.

Kini, berkat ukurannya yang sangat kecil serta sensor-sensor canggih yang dimiliki, konon robot ini tengah diminati oleh militer Rusia.

(brl/red)