Kecerdasan buatan kalahkan siswa SMA mengerjakan soal matematika

Kecerdasan buatan kalahkan siswa SMA mengerjakan soal matematika

Techno.id - Bagaimana jika suatu saat nanti, semua pelajar akan dikalahkan oleh kecerdasan buatan (Artificial Intelligence)? Hal itu bisa saja terjadi, karena Artificial Intelligence buatan University of Washington sudah mampu mengerjakan 49 persen dari tes geometri SMA dengan benar. Bukankah nilai tersebut hampir sama dengan kemampuan rata-rata siswa SMA saat ini?

Melihat kemampuannya dalam mengerjakan soal matematika, bukan tak mungkin kecerdasan buatan kelak bakal mengalahkan para siswa SMA. Mengejutkan memang, tetapi apakah Anda sudah siap dikalahkan oleh kecerdasan buatan?

Artificial Intelligence karya University of Washington ini memang berbeda dari yang lain. Mereka menamai kecerdasan buatannya dengan nama GeoS yang merupakan kepanjangan dari Geometry problem Solver. Jadi, tugas utama Artificial Intelligence itu memang dikhususkan untuk mengerjakan dan memecahkan soal-soal geometri, seperti yang disadur dari SlashGear (22/9/15).

Hebatnya, GeoS merupakan salah satu proyek Artificial Intelligence yang diperbolehkan mengikuti ujian manusia. Namun, GeoS bukanlah satu-satunya Artificial Intelligence yang mampu mengerjakan soal-soal untuk manusia. Kecerdasan buatan dari Fujitsu dan IBM juga sedang mencoba melewati ujian masuk di University of Tokyo. Mungkinkah kecerdasan buatan ini duduk di samping bangku Anda sambil mengerjakan soal-soal dari guru?

(brl/red)