CONNECT WITH US
Denny Mahardy |
 19 Januari 2016 17:27

Riset buktikan internet dan ponsel ubah gaya hidup manusia

Ericsson: Smartphone yang terhubung dengan internet dapat dikomersialkan hingga mengubah gaya hidup ke arah yang lebih memudahkan

Riset buktikan internet dan ponsel ubah gaya hidup manusia

Techno.id - Teknologi terus berkembang tiap waktu dan masuk ke dalam lini kehidupan manusia. Berbagai aktivitas manusia boleh berhasil dipermudah dengan bantuan perangkat komunikasi bergerak yang sudah digunakan secara luas oleh masyarakat dunia.

"Gaya hidup masyarakat sekarang sudah berubah. Dulu kalau kita janjian sama orang di bioskop jam 7 ya sudah berarti jam 7 kita harus sudah di sana. Tapi dengan kehadiran ponsel, orang semakin mudah berkomunikasi untuk menentukan acara dan jadwalnya sesuai kondisinya," kata Hardyana Syintawati, VP Marketing and Communications Ericsson Indonesia.

Wanita yang akrab disapa Nana itu memaparkan penggunaan perangkat komunikasi bergerak kian mempengaruhi gaya hidup masyarakat setelah kehadiran smartphone, internet dan perangkat terhubung lainnya. Komunikasi yang lebih mudah membuat orang bisa lebih mudah pula menjalani kehidupannya.

"Dengan adanya konektivitas lain dan internet mengubah lifestyle jauh lebih percaya pada opini publik dibanding review expert. Sharing ekonomi bisa dilakukan, smartphone yang terhubung dengan internet sebagai milik pribadi dapat dikomersialkan hingga mengubah gaya hidup kita ke arah yang lebih memudahkan," tambah Nana.

Ia menyebutkan sharing ekonomi yang kian mudah melalui koneksi internet telah dilakukan orang-orang di banyak negara memanfaatkan jejaring sosial. "Di beberapa negara sudah ada yang share alat-alat rumah tangga miliknya disewa orang. Makin banyak orang yang pakai jejaring sosial," jelas Nana.

Pemanfaatan smartphone dan internet tersebut ditemukan Ericsson dalam sebuah riset 10 Tren Konsumer Teratas 2016 yang dilakukan Ericsson Consumer Lab di 24 negara di seluruh dunia. Laporan tersebut juga menunjukan bahwa sebagai adopsi dari teknologi terhubung bergerak sangat cepat dari sebelumnya, penggunaan pasar terbiasa menjadi pengusung perubahan cepat.

Laporan tahun ini menunjukkan bahwa konsumen percaya kecerdasan buatan (AI) akan segera memungkinkan interaksi dengan obyek tanpa membutuhkan layar smartphone lagi. Bahkan setengah dari seluruh pengguna smartphone memprediksikan bahwa smartphone akan menjadi sesuatu yang kuno di lima tahun mendatang.

WHAT TO READ NEXT ?