Percaya atau tidak, robot pintar akan mengambil semua pekerjaan Anda

Percaya atau tidak, robot pintar akan mengambil semua pekerjaan Anda

Techno.id - Robot tidak akan bisa menggantikan pekerjaan manusia? Pikirkan lagi, pasalnya dalam beberapa tahun mendatang semua pekerjaan manusia memang akan diambil alih oleh robot. Hal ini diperkuat tanggapan para ahli yang mengamini hal tersebut.

Seperti yang dilansir oleh CNN.com (15/06/16), sebuah survei mengatakan jika Robot pintar akan menggantikan 45 persen pekerjaan manusia pada tahun 2025. Selain itu, laporan ini juga mengatakan jika ada 50 miliar perangkat yang akan terhubung dengan internet pada tahun 2020.

Ini artinya, pada tahun yang sama hampir setengah dari semua pekerjaan di Amerika Serikat akan beresiko digantikan oleh robot pintar. Bahkan untuk pekerjaan seperti analisis data dan bankir.

Diprediksi, nantinya harga robot dan komputer akan jauh lebih murah sehingga menjadi menarik para pengusaha untuk mempekerjakan robot dibandingkan manusia. Tentu saja ini akan membuat banyak perusahaan yang bisa mengeluarkan biaya produksi rendah namun menghasilkan produktivitas yang tinggi.

Negara maju yang memiliki industri besar sudah mulai menggunakan jasa robot pintar untuk produksinya. Saat ini Jepang adalah negara di posisi pertama yang memiliki jumlah robot terbanyak untuk dipekerjakan.

Sedangkan Tiongkok dalam dua tahun terakhir adalah negara yang memiliki permintaan terbesar untuk membeli robot bahkan menyumbang 25 persen secara global. Revolusi yang akan terjadi dalam beberapa tahun ini sangat memungkinkan mengubah ekonomi secara global dan meningkatkan ketidaksetaraan karena banyaknya pekerjaan yang diambil alih robot dan gaji yang rendah.

Dengan adanya data di atas, maka tidak menutup kemungkinan jika pekerjaan Anda sekarang bisa dilakukan oleh robot di masa mendatang. Namun satu hal yang tidak bisa dilakukan oleh sebuah robot adalah berpikir kreatif layaknya manusia. Nah, bagaimana pendapat Anda?

(brl/red)