CONNECT WITH US
Ulwan Fakhri Noviadhista |
 20 April 2016 21:00

Remaja ceroboh adalah yang menyimpan hal ini di ponselnya

Ternyata tak sedikit anak muda berusia 18-24 tahun yang menyimpan PIN kartu kredit dan debitnya di gadget.

Remaja ceroboh adalah yang menyimpan hal ini di ponselnya

Techno.id - Ketergantungan masyarakat terhadap gadget layak disebut semakin parah. Bahkan, untuk mengingat informasi pribadi dan penting saja banyak yang tidak mampu atau mau.

Equifax dan Gorkana belum lama ini mengadakan riset terhadap 500 orang dari beragam usia soal kebiasaan mereka dengan gadget. Parahnya, satu dari lima orang (tepatnya 21 persen) berusia 18-24 tahun mencatat PIN kartu kredit dan debit di smartphone, tablet, atau laptopnya. Fakta ini diperparah dengan lebih dari sepertiga generasi muda yang juga menjadikan perangkat pribadinya untuk menyimpan password online.

Tentu saja kebiasaan ini tak bisa dibenarkan. Sebab, baik penjahat di dunia nyata maupun maya bisa memanfaatkan informasi penting itu dan menyebabkan kerugian moril dan materil bagi korban. Sebut saja ketika gadget tersebut dicuri atau diretas secara online.

Mengutip TheRegister.co.uk (18/04/16), secara umum, responden dari survei tersebut memang doyan menyimpan hal penting dan privat di gawainya. Password adalah informasi yang paling banyak disimpan, yakni sebanyak 16 persen. Kemudian menyusul PIN (10 persen), nomor rekening (10 persen), dan jawaban dari security questions untuk menyelamatkan akun online mereka (6 persen).

Anda sendiri bagaimana?

WHAT TO READ NEXT ?