RAM LPDDR4: RAM generasi baru andalan ponsel flagship masa kini

RAM LPDDR4: RAM generasi baru andalan ponsel flagship masa kini

Techno.id - Apakah Anda mengetahui persamaan dari OnePlus 2, Samsung Galaxy S6, dan LG G Flex 2? Selain sama-sama produk yang diunggulkan oleh produsennya masing-masing, ternyata ketiga smartphone itu juga mengusung hardware termutakhir, yakni RAM LPDDR4.

Apakah itu? Adakah perbedaan signifikan dengan jenis RAM sebelumnya? Tentu saja ada, berikut penjelasannya.

RAM LPDDR4 adalah jenis RAM termutakhir untuk perangkat smartphone dan tablet. Sesuai singkatan namanya (Low Power Double Data Rate Random Access Memory), LPDDR generasi empat ini memiliki efisiensi daya yang tinggi dan mampu menurunkan clock speed saat menjalankan background app yang simpel.

Selain itu, seperti disadur dari AndroidAuthority.com (09/04/15), LPDDR4 sudah mendukung bandwith hingga 3.200Mbps untuk transmisi data yang lebih cepat. Kemampuan lainnya juga menarik, yaitu mendukung gadget untuk merekam video beresolusi 4K dan memotret dengan kamera beresolusi 20MP ke atas.

Saat ini, dua produsen LPDDR4 sekaligus pionernya adalah Micron dan Samsung. Keduanya sedang gencar-gencarnya memasarkan LPDDR4 buatannya masing-masing tahun ini. Sedangkan, SoC yang sudah mendukung RAM yang diproses dengan teknologi 20nm itu di antaranya Qualcomm Snapdragon 810 dan Samsung Exynos 7420.

(brl/red)