CONNECT WITH US
Delvit Grafelly |
 19 Januari 2016 19:32

Prediksi dunia media dan digital di sepanjang 2016

Untuk yang kedelapan kalinya berturut-turut, Millward Brown kembali merilis prediksi pasar media dan digital untuk tahun 2016

Prediksi dunia media dan digital di sepanjang 2016

Techno.id - Millward Brown, sebuah perusahaan yang bergerak di bidang pemasaran brand hari ini merilis prediksi tahunan di dunia media dan digital. Dengan ini pula, Millward Brown kini resmi merilis panduan selama delapan tahun berturut-turut.

Dalam siaran pers yang diterima tim Techno.id, Selasa (19/01), Millward Brown memprediksi bahwa hubungan antara produsen dan konsumen bakal lebih intim. Alasannya sederhana, yakni karena platform digital yang sudah jauh berkembang.

Di tahun ini, para pemasar akan fokus pada pengalaman konsumen (consumer journey maps). Dimulai dari kesadaran konsumen untuk membeli produk hingga pada tahap pembelian yang dilandasi atas tiga tren utama.

Pertama, pengalaman konsumen yang menjadi perangkat medium agnostik (konsumen membeli pada saat dan dengan cara yang sesuai keinginan mereka). Kedua, transformasi situs e-commerce dari sarana penjualan menjadi sarana titik sentuh media. Ketiga, transformasi kreatif iklan digital.

"Sebelumnya, titik-titik sentuh media dan data penjualan adalah hal yang terpisah. Tapi dengan perubahan dunia digital seperti sekarang, para pemasar untuk yang pertama kalinya dapat menyatukan mereka," ujar Global Brand Director Millward Brown, Duncan Southgate.

"Kami memperkirakan di tahun ini, para pengiklan sudah dapat memetakan konteks marketing dengan pengalaman konsumen yang lebih terintegrasi. Jadi, tugas marketing konten yang menguatkan sebuah Brand akan bekerja sebagai komplementer daripada bersaing satu sama lain," imbuhnya.

Berikut tujuh prediksi media dan digital di sepanjang tahun 2016 oleh Millward Brown.

Pemasaran berbasis konteks (context based marketing) lampaui online dan mobile

Di tahun 2016, pemasar cerdas akan mengadopsi online dan mobil media strategi yang lebih canggih untuk meningkatkan sinergi dari media-media secara keseluruhan.

Brand pintar akan memikirkan kembali cara membuat iklan mobile yang efektif

Smartphone menyajikan kesempatan besar bagi para pemasar untuk menjangkau konsumen dengan cara baru yang menarik. Namun mereka akan menghadapi tantangan utama, yaitu di bidang kreatif.

Teknologi "Header Bidding" akan mendorong perubahan di dunia programmatic buying

Ketertarikan industri dalam efisiensi teknologi header bidding akan menciptakan kompleksitas dalam mengadopsi tampilan iklan pada dunia programmatic buying.

SmartTV tidak akan merubah periklanan pada TV konvensional

Di tahun ini, para pengiklan telah memasuki era TV pintar, di mana TV sudah dapat melakukan penargetan lebih tepat kepada penonton melalui platform berbasis langganan.

Produsen akan membuang dana miliaran rupiah jika gagal bersaing di konten video kreatif

Di tahun ini, produsen akan berinvestasi lebih banyak di online khususnya platform mobile. Namun tidak sedikit dari mereka yang justru akan gagal.

Content marketing mencapai level C-

Di tahun ini, tidak sedikit brand yang 'beralih profesi' menjadi pencipta konten (content creators). Bahkan, content creators berpotensi menjadi agenda perusahaan di sepanjang tahun 2016.

Consumer Journey akan menggabungkan unit penjualan dengan perencanaan media

Dengan digital platform yang memetakan consumer journey, akan memungkinkan para pemasar untuk mencapai tujuan penjualan dan membangun popularitas brand secara bersamaan.

WHAT TO READ NEXT ?