CONNECT WITH US
Denny Mahardy |
 19 Januari 2016 17:00

Pemerintah siap umumkan pemenang tender Palapa Ring Paket Barat

Menkominfo: Minggu ini akan mulai diumumkan siapa pemenangnya untuk paket barat.

Pemerintah siap umumkan pemenang tender Palapa Ring Paket Barat

Techno.id - Tender dan proses seleksi dari proyek Palapa Ring sudah akan memasuki tahap final. Pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) tengah bersiap mengumumkan para pemenang tender dari proyek Palapa Ring paket barat pekan ini.

"Minggu ini akan mulai diumumkan siapa pemenangnya untuk paket barat," ujar Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) selepas meresmikan Pusat Inovasi, hasil kerja sama antara Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) dan PT Huawei Tech Investment (Huawei Indonesia) di Gedung BRI II Jakarta.

Pemerintah sendiri memang membagi tender Palapa Ring dalam tiga paket yakni Paket Barat, Paket Tengah, dan Paket Timur. Menkominfo menyatakan penentuan maupun pengumuman para pemenang tender Palapa Ring di setiap wilayahnya tak perlu serentak.

"Tidak perlu serentak, yang penting tahun 2018 semua ibu kota kabupaten dan kotamadya sudah terhubung (dengan kabel optik tersebut)," kata Menteri yang pernah menimba ilmu dan mengisi jabatan strategis di sejumlah perusahaan operator telekomunikasi Indonesia.

Khusus untuk Paket Barat, peserta Palapa Ring tercatat memiliki lima kandidat dari sebelumnya enam perusahaan, karena PT Indosat Tbk dan PT XL Axiata Tbk memilih lebur dalam sebuah konsorsium bersama PT Alita Praya Mitra. Kandidat lainnya, PT iForte Solusi Infotek, Konsorsium Mora Telematika Indonesia-Ketrosden Triasmitra, Konsorsium Super Sistem Ultime-Huawei, dan PT Telekomunikasi Indonesia Tbk.

Pemenang tender paket barat akan bertanggung jawab menggelar kabel optik laut sepanjang 1.122 kilometer dengan estimasi biaya yang dikeluarkan mencapai USD 40,39 juta. Sedangkan secara total, proyek Palapa Ring ini bakalan menggelar total kabel sepanjang 8.479 kilometer di seluruh Indonesia dengan perkiraan biaya USD 230,64 juta.

Penggelaran Palapa Ring diharapkan bisa mendongkrak akses internet di Indonesia lebih cepat lagi hingga kecepatan akses mencapai 20Mbps di wilayah perkotaan dan 10Mbps di pedesaan. Sekarang ini, rata-rata kecepatan akses internet hanya menyentuh angka 1,9Mbps.

WHAT TO READ NEXT ?