CONNECT WITH US
Ulwan Fakhri Noviadhista |
 19 April 2016 18:00

Pos Indonesia harusnya tiru inovasi Pos Australia ini

Karena zaman kian maju, Australia Post berencana kirimkan paket dengan drone.

Pos Indonesia harusnya tiru inovasi Pos Australia ini

Techno.id - Sejumlah perusahaan besar, seperti Amazon, Google, hingga agen pengiriman barang terkemuka, Maersk, sudah melirik drone sebagai metode pengiriman barang masa depan mereka. Langkah ini dalam waktu dekat pun bakal ditiru oleh Australia Post. Layanan pos milik pemerintah Australia itu diketahui sudah menjalani uji coba pengiriman dengan drone selama dua minggu.

Menariknya, drone rakitan ARI Labs ini tak cuma bisa membawa paket saja, tetapi juga dilengkapi dengan parasut, lampu peringatan, serta kamera berkualitas yang akan digunakan para operator drone untuk menghindari rintangan selama perjalanan.

Untuk menjalankan program ini, Australia Post bekerja sama dengan Badan Regulasi Penerbangan Negara. Mereka menargetkan bisa meluncurkan layanan anyar ini sebelum kalender tahun ini berakhir.

Drone milik Australia Post
© 2016 smh.com.au/Eddie Jim

 

Lalu, siapa sih konsumen yang disasar Australia Post dengan fasilitas drone ini? Mengutip Sydney Morning Heralds (15/04/16), peminat pos drone ini akan banyak datang dari masyarakat pertanian yang tinggal di daerah pedesaan. Sebab, dengan adanya drone, mereka tidak perlu jauh-jauh berkendara ke kota untuk mengantar maupun menjemput kiriman.

Akan tetapi, Ahmed Farour, selaku CEO Australia Post, menyampaikan bahwa walau sebelum akhir 2016 nanti fitur drone ini sudah siap dirilis ke publik, pelayanan awalnya hanya diperuntukkan untuk pengiriman parsel saja.

Tak peduli meskipun nantinya dinilai meniru ataupun hanya menjiplak, mungkin Pos Indonesia perlu meniru langkah ini sebagai jawaban atas pesatnya perkembangan zaman. Setuju?

WHAT TO READ NEXT ?