Pola pemesanan tiket mudik Lebaran tahun ini berbeda dari tahun lalu

Pola pemesanan tiket mudik Lebaran tahun ini berbeda dari tahun lalu

Techno.id - Tradisi Lebaran memang merupakan berkah bagi banyak pihak, tak terkecuali bagi para pebisnis travel online sekalipun. Ya, Lebaran yang identik dengan aktivitas mudik telah membuat transaksi travel online seperti Ezytravel meningkat drastis.

Doddy Lukito selaku Chief Technology Officer Ezytravel mengungkapkan jika di hari biasa, Ezytravel menerima sekitar 600.000 transaksi per hari. Namun saat Lebaran 2015 kemarin, pemesanan yang diterima meningkat sebesar enam hingga tujuh kali lipat.

"Lebaran kemarin itu (1436 H) transaksi kami naik berlipat. Sekitar enam hingga tujuh kali lipat transaksinya dari hari biasa," ujarnya sebagaimana dikutip dari Merdeka, Kamis (31/07/2015).

Selain itu, kata dia, jumlah pemesan Lebaran tahun ini juga meningkat dibandingkan dengan tahun lalu. Sayangnya, Doddy enggan menyebutkan jumlah peningkatan tersebut ke dalam bentuk persentase.

Kendati demikian, diluar meningkatnya angka pemesan saat Lebaran, Doddy menyebut perilaku konsumen di Lebaran tahun ini juga berbeda dari tahun lalu. Adapun ia menyebut perilaku yang dimaksud yakni pola waktu pemesanan.

"Polanya itu sudah berbeda. Jika menjelang Lebaran di tahun lalu, konsumen dapat memesan tiket hingga dua atau tiga bulan lebih awal. Namun di Lebaran tahun ini, konsumen cenderung memesan tiket saat dua minggu menjelang Lebaran. Pergeseran perilaku konsumen tahun ini pun tak pernah diduga," paparnya.

(brl/red)