CONNECT WITH US
Fendy Hananta Pratama |
 20 Juli 2015 20:00

Plastik daur ulang gantikan aspal sebagai bahan pembuatan jalan

Salah satu kota di Belanda berniat membangun jalanan kotanya dari bahan daur ulang plastik.

Plastik daur ulang gantikan aspal sebagai bahan pembuatan jalan

Techno.id - Sampah plastik yang menumpuk ternyata juga dapat dimanfaatkan menjadi sesuatu yang berguna. Anda dapat mendaur ulang sampah sebagai benda baru lainnya atau sebagai hiasan yang memiliki nilai jual. Berbicara mengenai sampah plastik daur ulang, sebuah perusahaan konstruksi VolkerWessels telah merencanakan untuk membuat jalan dari bahan daur ulang sampah plastik. Tujuan pemakaian plastik ini untuk menggantikan bahan aspal yang lumayan mahal.

Aspal daur ulang dari plastik ini diklaim memiliki kekuatan tiga lipat lebih baik dari aspal biasa. Selain itu, aspal buatan VolkerWessels mampu bertahan di suhu ekstrem yakni -4.5 derajat Celcius sampai dengan 80 derajat Celcius. Meski begitu, kalau dilihat sekilas, aspal plastik ini sepertinya terlihat rapuh. Namun, bila nantinya jalanan tersebut benar-benar rusak, maka petugas konstruksi jalan akan lebih mudah memperbaikinya karena plastik sangat mudah didapat. Uniknya lagi, di bawah jalanan ini terdapat rongga yang bisa menampung kabel telekomunikasi atau pipa air, seperti yang dilansir Engadget (19/7/15).

Jalanan yang akan terbuat dari plastik ini masih dalam tahap konsep. Perusahaan VolkerWessels sedang menguji bahan daur ulang plastik tersebut dan memastikan akan segera direalisasikan ke dunia nyata. Rencana yang dihadirkan perusahaan tersebut tidak main-main, bahkan konsep jalan yang mereka tawarkan telah memikat salah satu kota di Belanda yakni Rotterdam. Kota tersebut begitu antusias mempunyai jalan dengan permukaan plastik. Kota Rotterdam berharap jika jalanan ini sudah siap, maka mereka meminta agar jalanan di kotanya dibangun jalan dengan bahan plastik dan harus selesai dalam tiga tahun.

WHAT TO READ NEXT ?