Perhatikan 8 hal ini sebelum koneksi Wi-Fi gratis

Perhatikan 8 hal ini sebelum koneksi Wi-Fi gratis

Techno.id - Internet merupakan bagian penting dalam menunjang produktivitas saat ini. Koneksi WiFi yang lancar juga menjadi hal menggiurkan. Salah satu hal yang sering dilakukan yakni kita tidak memerlukan kata sandi untuk dapat terhubung serta menggunakan Wi-Fi gratis. Namun sayangnya hal ini menjadi celah yang juga dapat digunakan oleh para penjahat cyber. Tentunya bagi Anda yang tidak berhati hati dan terpancing, ada harga yang harus dibayarkan seperti pencurian login kredensial Anda.

Saran terbaik adalah dengan menghindari penggunaan Wi-Fi di tempat umum dan hanya menghubungkan perangkat Anda ke Internet ketika berada di rumah atau dengan data mobile yang dimiliki. Maka berikut ini beberapa langkah yang dapat Anda lakukan untuk melindungi diri dari ancaman tersebut:

  1. Jangan percaya pada jaringan Wi-Fi yang tidak memerlukan kata sandi. Para penjahat cyber umumnya membuat jaringan seperti ini untuk melacak data pribadi pengguna.
  2. Jaringan yang memerlukan kata sandi pun nyatanya tidak dapat sepenuhnya dipercaya. Para penjahat juga dapat dengan mudah mengetahui kata sandi yang digunakan untuk dapat terhubung dengan jaringan Wi-Fi di sebuah kafe ataupun pusat perbelanjaan. Kemudian menggunakannya untuk menciptakan sebuah jaringan Wi-Fi palsu dengan nama yang sama.
  3. Matikan Wi-Fi saat tidak menggunakannya. Langkah ini akan melindungi data dan membantu untuk menghemat daya baterai perangkat. Periksalah apakah perangkat secara otomatis akan terhubung dengan jaringan Wi-Fi atau tidak, jika ya, matikan. Selain itu, tindakan ini juga akan melindungi dari metode pelacakan yang dipergunakan oleh berbagai organisasi.
(brl/red)