CONNECT WITH US
Delvit Grafelly |
 2 Maret 2015 15:00

Kini hotspot di dalam mobil mungkin sudah menjadi kenyataan

Mobile World Congress 2015 kemarin 'melahirkan' sebuah perangkat yang dapat berfungsi sebagai hotspot serta charger ponsel di dalam mobil

Kini hotspot di dalam mobil mungkin sudah menjadi kenyataan

Techno.id - Pesatnya perkembangan dunia teknologi informasi menuntut setiap produsen untuk terus mengembangkan perangkat teknologi yang dapat diakses di mana dan kapan saja, tak terkecuali pada saat perjalanan di dalam mobil. Kini, hotspot di dalam mobil mungkin sudah menjadi kenyataan karena salah satu raksasa teknologi asal Tiongkok menjadikan hal tersebut sebagai inspirasi untuk menciptakan Huawei CarFi dan memamerkannya di Mobile World Congress 2015 yang digelar di Barcelona, Spanyol kemarin.

Jika berpikir sejenak, pertanyaan yang muncul adalah seberapa pentingkah koneksi Wi-Fi di dalam mobil jika mengingat smartphone juga dapat berfungsi sama? Ketika diberi pertanyaan tersebut, pihak Huawei mengklaim bahwa CarFi sangat berbeda dengan smartphone. Hal tersebut dilandasi oleh CarFi adalah sebuah perangkat yang dapat bekerja sendiri sekaligus berfungsi sebagai ponsel charger, sehingga tidak memerlukan baterai untuk bekerja.

Menurut situs Cnet.com, pihak Huawei mengatakan bahwa bahan dasar CarFi diciptakan karena terinspirasi dengan olahraga mahal Golf. Sekadar informasi bahwa Huawei CarFi berbahan dasar premium yaitu kayu dan serat karbon yang diklaim memiliki daya tahan lebih baik yang berguna untuk menghadapi banyaknya gerakan dan getaran di dalam mobil.

Berbicara soal fitur, Huawei CarFi memiliki tiga fitur menarik dan sempat menjadi sorotan di MWC 2015. Pertama adalah CarFi dapat mati secara otomatis ketika tidak ada perangkat Wi-Fi yang terhubung dalam jangka waktu tertentu, sehingga perangkat ini dapat menghemat baterai. Kedua adalah CarFi dapat dikontrol (on/off) melalui platform iOS atau Android yang menggunakan aplikasi Huawei Hilink. Ketiga adalah CarFi juga dapat berfungsi sebagai charger untuk ponsel.

Untuk sisi spesifikasi, Huawei CarFi sudah dibekali dengan jaringan terbaru LTE Kategori 4 yang artinya perangkat ini memiliki kecepatan transfer data maksimal hingga 150Mbps dan minimal 50Mbps. Untuk mengimbangi kecepatan transfer data yang tinggi, perangkat ini juga mampu menampung hingga 10 perangkat Wi-Fi pada saat yang bersamaan. Serta sebagai ponsel charger, CarFi dapat memberikan daya 5V/1A ke setiap perangkat mobile.

Saat ini, Huawei CarFi sudah tersedia di pasar Eropa dalam tiga warna (hitam, coklat dan merah). Namun sayangnya hingga saat ini, masih belum ada kabar resmi mengenai jadwal dan harga perangkat pabrikan Tiongkok ini masuk ke pasar Indonesia.

Huawei CarFi saat ini sudah tersedia di pasar Eropa dalam tiga warna (hitam, coklat, dan merah). Namun sayangnya hingga saat ini masih belum ada kabar resmi mengenai jadwal dan harga perangkat pabrikan Tiongkok ini masuk ke pasar Indonesia.

WHAT TO READ NEXT ?