CONNECT WITH US
Erick |
 23 November 2015 23:00

Perangi pembajakan, jutaan situs ditutup Google setiap harinya

Anda takkan percaya, berapa banyak laporan yang diterima Google setiap harinya, terkait situs-situs penyedia layanan pembajakan.

Perangi pembajakan, jutaan situs ditutup Google setiap harinya

Techno.id - Pembajakan bukanlah hal baru bagi masyarakat modern. Masalah yang satu ini memang menjadi momok yang menakutkan, terutama bagi mereka yang berada di ranah industri kreatif. Banyak sekali ditemukkan situs penyedia layanan pembajakan yang beredar di dunia maya.

Pihak yang merasa dirugikan pun kemudian melaporkan situs-situs yang dianggap berpotensi digunakan untuk membajak karya sesorang. Seperti yang diberitakan oleh Tech Insider pada hari Senin (23/11/15), setidaknya terdapat 66 juta URL yang dilaporkan.

Data tersebut dikumpulkan oleh Google, yang kemudian memberikan kesimpulan bahwa sekitar 2,2 juta laporan siterima setiap harinya. Situs yang dilaporkan tersebut adalah para penyedia layanan free download hasil karya seseorang atau golongan, dan tentu saja merugikan banyak pihak yang terkait.

Jumlah situs yang ditutup oleh Google setiap harinya pun meningkat sejak beberapa tahun terakhir. Pada tahun 2012 lalu, laporan yang diterima Google sebanyak 2,2 juta per minggu. Sedangkan pada tahun 2015, angkanya melonjak menjadi 2,2 juta per hari.

Penutupan jutaan website tersebut adalah upaya yang dilakukan Google untuk memrangi pembajakan. Selain menutup, Google juga membuat situs-situs tersebut tak nampak di Google Search untuk menurunkan traffic yang didapat situs penyedia layanan pembajakan.

 

 

WHAT TO READ NEXT ?