CONNECT WITH US
Indah Pertiwi |
 23 November 2015 15:41

Google Maps hadirkan fitur online untuk pengguna Indonesia

Konsumen Indonesia masih terkendala koneksi lambat, Google luncurkan fitur "Offline"

Google Maps hadirkan fitur online untuk pengguna Indonesia

Techno.id - Terkendala masalah koneksi Internet ketika sedang mencari alamat melalui Google Maps merupakan hal yang menyebalkan. Menyiasati hal tersebut, Google resmi meluncurkan fitur Offline di Google Maps untuk membuat pengalaman ini lebih baik bagi pengguna di Indonesia.

Fitur Offline memungkinkan pengguna untuk mengunduh sebuah area ke ponsel dengan antisipasi Google Maps akan tetap bekerja ketika koneksi Internet menjadi tidak stabil.

"Koneksi internet memiliki kebiasaan untuk menghilang justru di saat Anda paling membutuhkannya. Dengan peluncuran fitur Offline, kami ingin menghilangkan ketidakpastian ini," ujar Product Manager Google Maps, Nikhil Vaishnavi.

Dalam keterangan resmi dituliskan contoh untuk pengguna yang ingin melakukan perjalanan untuk mengunduh area Jakarta ke ponsel. Ketik area Jakarta di Google Maps, ketuk nama wilayah di kotak putih paling bawah, kemudian pilih “Unduh”. Atau cara lainnya, pilih “Unduh area offline” di menu utama Google Maps, lalu masuk ke pilihan “Area offline” dan tekan tanda “+” berwarna biru di pojok kanan bawah.

Setelah mengunduh peta yang yang dipilih, Google Maps akan tetap bekerja tanpa koneksi Internet. Ketika ponsel kembali terhubung dengan Internet, Google Maps akan kembali beralih pada fungsi online, yang memberikan fungsi lengkap seperti informasi kemacetan real-time di rute yang Anda lalui.

Pihaknya memperlihatkan fitur baru ini di acara Google I/O pada bulan Mei lalu, dan mulai meluncurkan fitur ini secara global minggu lalu. Untuk selanjutnya, Google akan meluncurkan pembaruan ini secara bertahap untuk pengguna Google Maps versi terbaru di Android (akan segera hadir untuk iOS) di Indonesia.

“Seiring waktu, kami akan meluncurkan lebih banyak lagi fitur Offline untuk membantu Anda menemukan arah, bahkan saat Anda tak bisa menemukan koneksi Internet. Karena kehilangan sinyal, bukan berarti harus kehilangan arah,” tutup Nikhil.

WHAT TO READ NEXT ?