CONNECT WITH US
Firli Firlani |
 12 Februari 2016 15:01

Peneliti kembangkan algoritma mengenali orientasi objek

Algoritma ini akan sangat bermanfaat untuk mobil self driving di masa mendatang.

Peneliti kembangkan algoritma mengenali orientasi objek

Techno.id - Sebuah algortima baru kni tengah dikembangkan oleh peneliti Disney untuk membantu sistem komputer menghindari kebingungan dengan perubahan perspektif sebuah objek, seperti yang dilansir oleh Phys.org (11/02/16). Algoritma ini dikatakan dapat membedakan dengan jelas sebuah objek dari berbagai perspektif.

Gampangya, dengan menggunakan algoritma ini maka sebuah komputer dapat membedakan sebuah benda dari sisi lain. Bayangkan saja jika bentuk mobil dilihat dari sisi belakang atau depan yang tidak terlihat seperti bentuk mobil pada umumnya. Maka dari itu, dengan algoritma ini maka komputer dapat mendeteksi citra mobil dari berbagai sisi.

Nah, algoritma ini tentu saja akan sangat membantu sebuah mobil self driving mengenali objek entah itu manusia, bus, dan mobil dari segala sisi agar tetap berkendara dengan aman. Tidak hanya membedakan, algoritma ini juga bisa mengenali berbagai macam objek dari segala sisi.

"orientasi sebuah objek sangat penting diketahui," kata Leonid Sigal, peneliti dari Disney Research dikutip dari Phys.org.

Kabarnya para peneliti ini akan memperkenalkan algoritma komputer yang mereka kembangkan pada ajang Asosiasi Konferensi Kemajuan Kecerdasan Buatan pada tanggal 12-17 Februari di Phoenix, Arizona.

WHAT TO READ NEXT ?