Pencarian Google lebih cerdas dengan AI

Pencarian Google lebih cerdas dengan AI

Techno.id - Google memiliki cara khusus untuk meningkatkan kualitas pencarian pada mesin pencarinya. Dilansir oleh Business Insider (10/03/15), kini Google menyertakan AI atau kecerdasan buatan untuk membuat relevan pencarian pengguna.

Kecerdasan buatan ini canggih pasalnya mesin ini dapat belajar bagaimana ia dapat melakukan tugasnya. Mesin ini disebut RankBrain.

Hal ini terbukti dengan dengan hasil pencarian pada tahun 2015 dan 2016, di mana saat ini jika Anda mencari sesuatu maka mesin ini akan memberikan hasil yang lebih relevan. Seperti gambar di bawah ini.

Pencarian Google lebih cerdas dengan AI

Data pencarian Google pada tahun 2015 dan 2016
2016 Stone Temple Consulting/ 2016 Stone Temple Consulting


Dalam gambar tersebut yang diarsipkan oleh Stone Temple Consulting memasukkan sebuah kalimat yang memiliki makna sedikit membingungkan seperti 'why are pdfs so weak'. Pada pencarian tahun 2015, hasilnya tidak relevan seperti yang terlihat di kiri gambar. Sedangkan pada tahun 2016 hasil pencarian lebih relevan seakan mengerti apa yang ingin Anda cari.

Stone Temple Consulting mengatakan jika 54,6 persen dari pencarian yang dilakukan menggunakan RankBrain ditingkat sejak akhir tahun. Selain itu, kecerdasan buatan ini juga memasukkan unsur yang berhubungan dengan hasil pencarian seperti pencarian di bawah ini.

Pencarian Google lebih cerdas dengan AI

Pencarian di Google dengan menggunakan RankBrain yang memasukkan unsur berhubungan dengan Anda cari
2016 techno.id/ 2016 techno.id

Walaupun begitu, untuk memaksimalkan pencarian Anda menggunakan RankBrain di Google, Anda harus menggunakan bahasa Inggris. Jika menggunakan keyword dalam bahasa Indonesia maka kecerdasan buatan ini tidak memberikan Anda hasil yang maksimal.


(brl/red)