CONNECT WITH US
Ulwan Fakhri Noviadhista |
 13 April 2016 06:00

Pemerintah harus siap, polemik Uber dan Grab kemarin baru awalan

"'Man behind the gun', semua teknologi tergantung siapa yang memegangnya."

Pemerintah harus siap, polemik Uber dan Grab kemarin baru awalan

Techno.id - Kepala Pusat Inovasi sekaligus peneliti dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Nurul Taufiqu Rochman, meyakini bakal ada 'ledakan inovasi' yang lebih dahsyat dalam waktu dekat. Menurut Nurul, kisruh transportasi online yang terjadi belum lama ini hanyalah awal dari rentetan polemik yang sedang mengantre.

"Ini belum, ini baru mulai. Belum lagi (ledakan) yang lebih besar nanti keluar," katanya pada wartawan Antara (11/04/16). Bahkan menurutnya, ledakan inovasi yang terjadi ke depannya berpotensi membuat Indonesia disorot dunia.

Dalam pandangannya, inovasi memang bersifat destruktif alias menghancurkan pola dan cara yang sudah ada. Konflik antara taksi konvensional dengan pemain angkutan online seperti Uber dan Grab kemarin cuma satu bukti bagaimana pemain lama sedang tergilas oleh inovasi yang berbasis teknologi.

"Bisa dikatakan (perubahan) menuju baik, tapi tergantung menyikapinya. 'Man behind the gun', semua teknologi tergantung siapa yang memegangnya," imbuhnya.

Untuk itu, pemerintahan sebaiknya menyiapkan dan mengantisipasi segala kemungkinan dari ledakan inovasi yang ia sebut tadi.

"Yang seharusnya dilakukan adalah menyiapkan diri, mengidentifikasi dini, lalu membuat tata kelola aturan pemerintahan yang bagus yang bisa diterapkan di lapangan," simpulnya.

WHAT TO READ NEXT ?