Pariwisata Indonesia meningkat berkat perbaikan ICT

Pariwisata Indonesia meningkat berkat perbaikan ICT

Techno.id - Dilansir dari Antara (26/06/15), World Economic Forum (WEF) dalam Travel and Tourism Competitiveness Report 2015 menyebutkan, komponen tourist service infrastruktur pariwisata Indonesia meningkat signifikan hingga 12 poin dari peringkat 113 menjadi peringkat 101 dunia.

Namun, sebagai upaya yang lain, Kementerian Pariwisata (Kemenpar) menggandeng Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) bekerja sama mengembangkan sarana teknologi informasi dan komunikasi (TIK) untuk destinasi pariwisata.

Deputi Bidang Pengembangan Destinasi dan Industri Pariwisata Kementerian Pariwisata (Kemenpar) Dadang Rizki Ratman mengatakan yakin hal itu karena Kemenpar memberi perhatian serius pada perbaikan infrastruktur ICT (Information and Communication Technology).

Selain infrastruktur pariwisata, health and hygiene dan aksesibilitas (conectivity, seat capacity dan direct flight) maupun regulasi yang selama ini menjadi kelemahan pariwisata Indonesia akan terus diperbaiki oleh Kemenpar.

"Kerja sama penyediaan sarana dan prasarana TIK dimaksudkan untuk mempercepat pelaksanaan pembangunan sarana dan prasarana telekomunikasi secara berkelanjutan melalui terbukanya akses telekomunikasi di daerah pengembangan destinasi pariwisata serta untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat di daerah yang mempunyai potensi pariwisata," ujarnya.

Dengan Kemenkominfo nantinya, bentuk kerja sama meliputi penyediaan data dan informasi; pendampingan dan pengembangan sumber daya manusia; penyediaan sarana dan prasarana pendukung telekomunikasi. Serta pemanfaatan akses informasi dan teknologi oleh masyarakat di kawasan destinasi pariwisata.

(brl/red)