Pacu inovasi ilmuwan, AIPI luncurkan Sains45

Pacu inovasi ilmuwan, AIPI luncurkan Sains45

Techno.id - Dalam rangka memicu inovasi ilmuwan untuk memecahkan persoalan bangsa dengan ilmu pengetahuan, Akademi Ilmu Pengetahuan Indonesia (AIPI) meluncurkan Sains45. Sains45 merupakan kumpulan persoalan bangsa dalam bentuk 45 pertanyaan mengenai yang dapat dipecahkan dengan ilmu pengetahuan.

Seperti dikutip dari Antara (9/11/15), Sains45 ini nantinya akan disajikan dalam bentuk buku dengan bahasa populer. Dengan adanya proyek ini diharapkan tak hanya ilmuwan saja yang terinspirasi tetapi juga pemerintah.

"Tujuannya untuk memacu para ilmuwan Indonesia, semoga saja juga bisa menginspirasi pemerintah. Diharapkan di masa mendatang nantinya bisa digunakan juga sebagai acuan riset Indonesia," ungkap Sangkot Marzuki, ketua AIPI.

Lebih lanjut Sangkot menjelaskan jika Sains45 nantinya bakal terbagi dalam delapan topik pertanyaan. Adapun delapan topik pertanyaan itu adalah mengenai identitas, keragaman, dan budaya. lalu mengenai kepulauan, kelautan, dan sumber daya hayati.

Ada juga bahasan mengenai kehidupan, kesehatan, dan nutrisi. Lalu bahasan mengenai air, pangan, dan energi; bumi, iklim, dan alam semesta; bencana dan ketahanan masyarakat terhadap bencana; material dan sains komputasi. Lalu yang terakhir adalah tentang ekonomi, masyarakat, dan tata kelola.

Nah, topik permasalahan tersebut menurut Sangkot kemudian dikembangkan lagi menjadi 45 pertanyaan tentang permasalahan yang dihadapi oleh Indonesia, seperti Apa yang menjadikan Indonesia "Indonesia"?, dan pertanyaan lainnya.

Saat ini, proyek Sains45 ini masih dalam tahap perbaikan dan sedang dipresentasikan di pelbagai daerah untuk menjaring masukan dan saran dari masyarakat. Adapun versi akhir dari proyek ini rencananya akan diterbitkan pada bulan Maret tahun 2016 mendatang.

(brl/red)