Seberapa penting dunia IT bagi para arsitek?

Seberapa penting dunia IT bagi para arsitek?

Techno.id - Ketika berbicara soal dunia Arsitektur dan dunia Informasi Teknologi (IT), sekilas mungkin akan terlihat sangat bertolak belakang. Namun, tahukah Anda bahwa kedua disiplin ilmu ini sebenarnya memiliki keterkaitan erat satu sama lain?

Dalam acara bertajuk "Mahasiswa #MembangunIndonesia" yang digelar di Lenmarc Mall 2F, Surabaya, Minggu (08/11), seorang Dosen Informatika dari Universitas Ciputra Surabaya, Kartika G.T. SE. M.Cs memaparkan beberapa alasannya.

Pertama, Teknik Arsitektur akan selalu membutuhkan IT untuk berbagai tujuan, baik itu dari pembelajaran hingga pekerjaan. Sebagai contoh, sebut saja seperti software AutoCad yang akan selalu digunakan para arsitek dalam merancang plan/ project.

Kedua, cakupan IT kian luas dan sudah merambah ke berbagai bidang, tak terkecuali bagi Teknik Arsitektur. Contohnya seperti situs media sosial. Menurutnya, media sosial dapat dimanfaatkan untuk menjual hasil karya plan/ project dengan cepat.

Ketiga, Kartika mengatakan bahwa IT sudah merupakan tren yang bersifat global. Dengan kata lain, mau tidak mau IT akan digunakan oleh semua orang dari berbagai kalangan. Menurutnya, IT menjanjikan efisiensi dan kecanggihan yang terus membaik.

"Contohnya seperti BlackBerry. Mau anti (BlackBerry) atau nggak, kita juga akan menggunakan karena semua orang berkomunikasi via BlackBerry Messenger," ujarnya saat ditemui tim Techno.id.

(brl/red)