CONNECT WITH US
Fendy Hananta Pratama |
 17 Mei 2015 15:00

NASA buat kompetisi desain perumahan untuk tinggal di Mars

NASA membuat kompetisi untuk membuat perumahan di Mars dengan hadiah yang menggiurkan.

NASA buat kompetisi desain perumahan untuk tinggal di Mars

Techno.id - NASA dari dulu memang berambisi ingin menjadikan planet Mars hunian kedua setelah bumi. Nah, untuk menjembatani keinginan tersebut, sejak dini NASA sudah mempersiapkan berbagai aspek penting untuk tinggal di sana, salah satunya adalah tempat tinggal. Ya, NASA sedang membuat kompetisi merancang dan membangun sebuah habitat 3D untuk eksplorasi ruang angkasa dan perjalanan ke Mars.

Kompetisi yang diberi nama 3D Printed Habitat Challenge merupakan bagian dari program Centennial Challenge NASA yang dirancang untuk menciptakan solusi perumahan bumi secara berkelanjutan, seperti yang dikutip dari Engadget (16/5/2015).

NASA membuat kompetisi ini dalam dua tahapan. Tahap pertama, para peserta diminta membuat desain dari konsep arsitektur yang menampilkan perumahan unik. Untuk tahap pertama, NASA sudah menyiapkan dana sekitar Rp 654 juta sebagai hadiahnya. Sedangkan di tahap dua, para peserta akan dibagi menjadi dua tingkatan.

Pada kompetisi tingkat satu lebih difokuskan pada teknologi fabrikasi untuk memproduksi kombinasi bahan-bahan asli (tanah dan batu) dan daur ulang atau bahan asli saja. Kompetisi tingkat kedua, mereka menantang peserta untuk membuat habitat yang sempurna dengan bahan asli atau bahan asli dipadukan dengan bahan daur ulang. Masing-masing tingkatan akan diberikan hadiah sebesar Rp 14,3 miliar.

NASA berharap ide-ide kreatif dari peserta dapat menciptakan sebuah tempat tinggal di Mars. Habitat ini nantinya bisa dijadikan pilihan tempat tinggal tatkala bumi sudah tidak muat untuk ditinggali. Informasi lengkapnya bisa dilihat di www.nasa.gov/3DPHab.

WHAT TO READ NEXT ?