Motor ini gunakan satu liter air untuk tempuh 500 km

Motor ini gunakan satu liter air untuk tempuh 500 km

Techno.id - Memang sudah banyak yang mengganti bahan bakar kendaraan dengan air, namun bagaimana dengan satu liter air dapat menempuh jarak 500 km?

Dilansir dari Merdeka.com (27/07/15), seorang laki-laki dari Sao Paulo, Brazil, Ricardo Azevedo berhasil menunjukkan kepada dunia bagaimana air satu liter bisa menjalankan mesin motor secara mulus sejauh 500 kilometer. Inovasinya Ricardo dinamakan 'T Power H20'.

Dikatakan motor yang digunakannya itu 100 persen berbahan bakar air. Namun untuk menghasilkan energi, Ricardo menggunakan aki mobil yang dimodifikasi agar bisa memproduksi listrik dengan cara memisahkan hidrogen dari molekul 'H2O' air.

Kemudian, dengan menggunakan sistem pipa, energi listrik yang ada dipakai untuk menghasilkan percikan-percikan yang bisa menggerakkan piston motor.

Hasil uji coba pria Brazil ini direkam dan diunggah di situs berbagi video Youtube dengan tajuk "Brazil: This Motorbike Runs on Water".

Untuk membuktikan jika bahan yang digunakannya adalah murni air, di dalam video tersebut ia memperlihatkan bahan bakar tersebut diminumnya sebelum ia masukan ke dalam tangki bahan bakar sepeda motor.

Bahkan, Ricardo sempat berhenti untuk mengambil air di sungai sebagai tambahan bahan bakar.

"Keuntungan dari motor ini adalah bekerja dengan hidrogen yang berasal dari air. Maka, asap yang keluar dari knalpot merupakan uap air. Hal ini berbeda dari bensin yang menghasilkan karbon monoksida," katanya dikutip dari Merdeka.com.

(brl/red)