MoboMarket rilis laporan kebiasaan unduh aplikasi

MoboMarket rilis laporan kebiasaan unduh aplikasi

Techno.id - MoboMarket merilis laporan penggunaan smartphone Android di Indonesia selama kuartal kedua tahun 2015. Diketahui kebiasaan pengguna dalam mengunduh dan memperbarui aplikasi.

Mayoritas pengguna mengunduh aplikasi pada saat akhir pekan. Seperti kuartal sebelumnya, Sabtu Minggu menjadi waktu favorit bagi para pengguna untuk mengunduh aplikasi. Selama kuartal dua 2015, jumlah pengunduh software pada hari Sabtu sebanyak 19,62 persen dan Minggu sebanyak 16,74 persen. Sementara pengunduh game pada hari Sabtu sebanyak 16,77 persen dan Minggu sebanyak 15,23 persen.

Melekatnya sosial media di hati pengguna, membuat platform tersebut memiliki kuantitas paling sering diperbarui. Aplikasi sosial media memiliki kontribusi sebesar 37,78 persen yang diikuti aplikasi tools 19,98 persen dan game sebanyak 13,54 persen.

Selain itu, ternyata tidak banyak pengguna memperbarui aplikasi setiap hari. Hal tersebut tergambar dengan nominal persentase yang hanya 4,96 persen.

Peningkatan persentase justru terdapat pada jumlah pencarian aplikasi yang diikuti dengan aktivitas download. Hal ini menunjukkan pentingnya fitur pencarian bagi pengguna toko aplikasi. Aktivitas ini memberikan nilai 34,76 pada kuartal kedua 2015 naik 0,58 persen dari kuartal sebelumnya.

(brl/red)