Microsoft beri akses gratis Office 365 Education kepada anggota PGRI

Microsoft beri akses gratis Office 365 Education kepada anggota PGRI

Techno.id - Dalam rangka mendukung perkembangan pendidikan di Indonesia terutama untuk menghadapi era mobile first, Microsoft baru-baru ini memberikan akses ke Office 365 Education kepada 3,5 juta anggota Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) secara gratis. Selain memberi akses secara gratis, Microsoft juga berjanji akan memberi pelatihan terkait penggunaan teknologi berbasis komputasi awan ini.

Dalam siaran pers yang diterima Techno.id (4/9/15), pihak Microsoft berharap pemberian Office 365 Education ini bisa mendukung proses belajar mengajar agar menjadi semakin menarik, menyenangkan, produktif, dan efektif. Ruben Hattari, Corporate Affair Director Microsoft Indonesia mengungkapkan, implementasi penggunaan Office 365 Education ini diperkirakan akan selesai dalam periode 12 bulan ke depan.

"Kerjasama antara Microsoft dengan PGRI merupakan kelanjutan komitmen Microsoft dalam dunia pendidikan. Sebagaimana yang disampaikan oleh CEO Microsoft Satya Nadella, Microsoft memiliki visi untuk memberdayakan setiap individu dan organisasi agar dapat melakukan lebih banyak hal-hal luar biasa, ungkap Ruben.

Pemberian Office 365 Education kepada PGRI mencakup seluruh layanan teknologi berbasis komputasi awan tersebut seperti e-mail, pengolah kata atau word processing, pengolah data atau data processing, konferensi video, dan lainnya. Nantinya, Microsoft juga akan menyediakan pelatihan dan konsultasi teknis kepada PGRI agar para guru dapat meningkatkan kapasitas penguasaan teknologi informasi dan komunikasi, khususnya untuk dunia pembelajaran.

Sulistyo selaku Ketua Umum PGRI mengatakan jika kerjasama ini sangat membantu pihaknya dalam mengasah kecakapan teknologi informasi dan komunikasi. Ia menjelaskan bahwa sosialisasi nanti akan dipusatkan terlebih dahulu di Pulau Jawa dan pulau-pulau lainnya di Indonesia bakal menyusul setelahnya.

Sesuai nota kesepahaman yang ditandatangani di hadapan pengurus besar PGRI yang tengah menghadiri Rapat Koordinasi Nasional PGRI 2015 di Jakarta dilaporkan jika dukungan terhadap pemberian software dan pelatihan akan terus berlangsung hingga kurang lebih tiga tahun ke depan atau sampai dengan 30 Juni 2018. Selama itu, Microsoft dan PGRI berharap bisa meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia melalui kerjasama ini.

(brl/red)