CONNECT WITH US
Firli Firlani |
 16 Juli 2015 11:00

Menkopolhukam siapkan naskah akademik Badan Cyber Nasional

Menkopolhukam menyatakan pemerintah akan membentuk Badan Cyber Nasional guna melindungi seluruh institusi pemerintahan dari penyadapan.

Menkopolhukam siapkan naskah akademik Badan Cyber Nasional

Techno.id - Dilansir oleh Antara (15/07/15), Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam), Tedjo Edhy Purdijatno, menyatakan pihaknya sedang menyiapkan naskah akademik pembentukan Badan Cyber Nasional.

"Saat ini kami menyiapkan naskah akademik pembentukan Badan Cyber Nasional. Setelah itu kami akan menyusun rencana keputusan presiden (Keppres) yang akan kami sampaikan ke Presiden Joko Widodo," ujar Tedjo dikutip dari Antara.

Namun, Tedjo sendiri belum bisa memastikan kapan semua persiapan tersebut akan selesai.

"Ya nanti tergantung kapan keppres tersebut ditandatangani oleh Presiden Joko Widodo. Tapi kami ingin secepatnya karena memang sangat diperlukan," ujarnya.

Dalam penyusunan naskah akademik ini, pihaknya telah menjalin kerja sama dengan banyak pihak seperti TNI, Polri, perbankan, lembaga-lembaga penerbangan dan akademisi seperti mahasiswa.

Sebelumnya, pada awal Maret 2015, Menkopolhukam menyatakan pemerintah akan membentuk Badan Cyber Nasional guna melindungi seluruh institusi pemerintahan dari penyadapan, termasuk Presiden.

Selain itu, pemerintah menyadari pentingnya Badan Cyber Nasional karena saat ini teknologi informasi dan komunikasi telah merambah ke berbagai sektor di masyarakat, sehingga keamanan di dunia maya menjadi prioritas dalam keamanan nasional.

Nantinya Badan Cyber Nasional (BCN) akan berada langsung di bawah Presiden.

"Secara struktural akan berada di bawah Presiden namun belum bisa dipastikan di bawah koordinasi kementerian mana," terangnya.

WHAT TO READ NEXT ?