CONNECT WITH US
Ulwan Fakhri Noviadhista |
 20 April 2016 12:40

Mengapa pemasukan IBM bisa anjlok?

Akarnya adalah sangat buruknya bisnis hardware dan software IBM.

Mengapa pemasukan IBM bisa anjlok?

Techno.id - Harus menghadapi fakta bahwa perusahaannya sedang payah dan tidak mampu men-generate uang lebih tentu bukan hal yang diharapkan Ginni Rometty, CEO sekaligus presiden IBM. Akan tetapi, wanita pertama yang memimpin perusahaan berusia 105 tahun itu sudah berusaha dengan beberapa cara, mulai dari menjalankan strategi akuisisi, mendirikan bisnis baru, hingga memangkas pasukan kerjanya.

Jadi, apa yang membuat pemasukan IBM saat ini mencapai titik terburuknya dalam 14 tahun terakhir?

Akarnya adalah sangat buruknya bisnis hardware dan software IBM. Lihat saja, berdasarkan laporan keuangannya di Q1 2016 (18/04/16), bisnis utama IBM itu mengalami penurunan revenue hingga 21 persen dari tahun lalu. Padahal, walau semua bisnis lain kompak mengalami penurunan, tak ada yang separah itu.

Fakta ini diperparah dengan belum kuatnya sektor cloud platform dan cognitive solution (kategori bisnis IBM yang meliputi artificial intelligence). Cloud platform, yang kini menjelma sebagai sektor tersubur IBM, belum bisa menutupi kelemahan mereka di bisnis hardware dan software.

Salah satu pelangi yang mungkin masih bisa membikin Rometty tersenyum ialah profit IBM yang kini dua kali lipat lebih tinggi daripada 1998 silam. Namun tetap saja, IBM sekarang begitu kesulitan menyamai atau bahkan melampaui pemasukan tertinggi mereka dalam 18 tahun terakhir, yakni di kuartal kedua 2014.

WHAT TO READ NEXT ?