CONNECT WITH US
Firli Firlani |
 11 Februari 2016 08:25

Menarik, ternyata kuda dapat membaca ekspresi wajah manusia

Ini jadi pertama kalinya temuan kuda yang dapat membedakan ekspresi positif dan negatif manusia.

Menarik, ternyata kuda dapat membaca ekspresi wajah manusia

Techno.id - Ada yang menarik dari sebuah studi yang dilakukan Cognition Research Group Universitas Sussed pada binatang kuda yang bisa membaca ekspresi wajah manusia, seperti yang dilansir oleh Phsys.org. 28 kuda yang diteliti menunjukkan jika binatang ini mampu untuk mengerti ekspresi manusia.

Saat melihat wajah dengan ekspresi marah, maka kuda lebih banyak menggunakan mata kirinya untuk melihat dan denyut jantung mereka juga meningkat serta menunjukkan perilaku yang berhubungan dengan stres. Ini artinya kuda memiliki pemahaman yang relevan dari ekspresi wajah marah yang dilihatnya.

"Yang menarik dari penelitian ini adalah menunjukkan kuda memiliki kemampuan untuk membaca emosi antar spesies. Kita mengenal kuda adalah spesies sosial namun ini pertama kalinya kita melihat mereka dapat membedakan antara ekspresi wajah yang positif dan negatif," ungkap peneliti Amy Smith dikutip dari Phsys.org.

Kemampuan membaca ekspresi manusia ini juga dimiliki anjing, di sisi lain, Profesor Karen McComb mengatakan jika temuan ini telah disesuaikan oleh kemampuan leluhur kuda dan dapat merespon dengan tepat dengan evolusi mereka.

WHAT TO READ NEXT ?