CONNECT WITH US
Indra Zakaria |
 6 Februari 2016 08:00

Terinspirasi baterai, peneliti klaim bisa ubah air asin jadi air tawar

Metode yang terinspirasi dari baterai ini diklaim lebih mudah dan murah ketimbang metode penyulingan osmosis.

Terinspirasi baterai, peneliti klaim bisa ubah air asin jadi air tawar

Techno.id - Baru-baru ini, peneliti asal University of Illinois di Urbana-Champaign Amerika mengungkapkan telah berhasil menemukan sebuah perangkat untuk mengubah air garam menjadi air tawar layak konsumsi. Uniknya, para peneliti mengklaim bahwa perangkat ciptaannya ini terinspirasi dari cara kerja baterai.

"Kami sedang mengembangkan sebuah perangkat yang dapat mengubah air garam menjadi air tawar. Kami terinspirasi cara kerja baterai untuk memperlancar proses perubahan," jelas Kyle Smith sang peneliti utama yang juga profesor di kampus tersebut.

Seperti dilansir oleh NDTV (5/2/16), Smith mengatakan jika perangkat dengan metode baterai yang diciptakannya tersebut memungkinkan proses perubahan air garam menjadi air tawar bisa jadi lebih mudah dan murah. Pasalnya, perangkat hanya menggunakan listrik untuk menarik ion pada air garam tanpa memerlukan membran seperti pada perangkat pengubah air garam menjadi air tawar konvensional.

Berkat tak digunakannya membran, perangkat pun kabarnya bisa diaplikasikan ke pelbagai keadaan. Selain itu, daya yang dipakai untuk mengubah air garam ke air tawar pun dinilai lebih kecil sehingga lebih hemat biaya tentunya.

Saat ini, tim peneliti sedang meneliti kemungkinan perangkat mampu mengubah 80 persen air laut yang notabene memiliki kadar garam tinggi menjadi air tawar layak konsumsi.

WHAT TO READ NEXT ?