Malware baru, YiSpecter serang perangkat iOS di Tiongkok dan Taiwan

Malware baru, YiSpecter serang perangkat iOS di Tiongkok dan Taiwan

Techno.id - Dilansir oleh TechCrunch (05/10/15), sebuah malware baru dengan nama YiSpecter dikatakan telah menyerang perangkat iOS di Tiongkok dan Taiwan. Hal ini dikarenakan pengguna yang menyalahgunakan API private mereka.

Hal ini juga sudah ditanggapi oleh pihak Apple, dalam sebuah pernyataannya, Apple mengatakan jika pengguna iOS diharapkan dapat mengupdate perangkat mereka ke iOS 9 karena keamanannya yang lebih terjamin.

"Masalah ini hanya berdampak pada pengguna yang mendownload aplikasi serta malware dari sumber yang tidak terpercaya. Kami membahas khususnya iOS 8.4 dan juga telah memblokir aplikasi yang diidentifikasi mendistribusikan malware ini. Kami harapkan pengguna untuk menggunakan iOS versi baru dengan sistem keamanan yang lebih baru. Selain itu, kami juga mengharapkan pengguna untuk mendownload aplikasi dari sumber terpercaya seperti App Store serta memperhatikan setiap peringatan dalam setiap kali mendownload," ujar Apple seperti yang dikutip dari TechCrunch.com.

Menurut laporan, perangkat iOS yang telah terinfeksi malware YiSpecter akan menginstal aplikasi yang tidak diinginkan pengguna, serta dapat menampilkan iklan-iklan dengan layar penuh. Tidak hanya itu, YiSpecter juga dapat mengubah bookmark dan mesin pencari default yang ada di Safari.

Yang tidak mengenakkan, malware ini akan muncul kembali saat Anda merasa benar-benar telah menghapusnya. Sebelumnya, app store milik Apple juga mengalami hal yang serupa di Tiongkok yang terserang malware dengan nama XcodeGhost, namun pihak Apple mengatakan jika malware ini tidak ada kaitannya dengan YiSpecter.

Kini, Anda harus lebih berhati-hati jika ingin menginstal aplikasi dari sumber lain di luar Apple App Store.

(brl/red)