CONNECT WITH US
Delvit Grafelly |
 15 Februari 2016 19:00

Keuntungan Apple di penjualan smartphone global 2015 capai 91 persen

Pangsa pasar Apple di bawah Samsung, keuntungan justru dimenangkan oleh Apple

Keuntungan Apple di penjualan smartphone global 2015 capai 91 persen

Techno.id - Laporan grafik terbaru dari Canaccord Genuity kembali menampilkan dominasi Apple di industri smartphone. Mengutip laman Phone Arena (14/02), Apple sukses menyumbang keuntungan sebesar 91 persen dari total penjualan smartphone global di sepanjang 2015.

Fakta menariknya, grafik itu melanjutkan bahwa pangsa pasar global Apple hanyalah sebesar 17,2 persen alias berada di posisi kedua. Sementara pesaing terkuatnya, Samsung, bertengger di posisi pertama dengan 23,9 persen. Namun hanya menyumbang keuntungan 14 persen.

Jadi, mengapa angka (keuntungan) keseluruhan bisa mencapai 105 persen? Jawabannya adalah karena beberapa vendor justru mengalami kerugian. Pun demikian dengan sejumlah vendor asal Tiongkok seperti Huawei, Xiaomi dan ZTE yang belum melaporkan profit mereka di tahun lalu.

Meski tahun 2016 baru saja bergulir, prediksi terkait dominasi Apple sudah mulai diperdebatkan banyak analis. Sebagian dari mereka menganggap bahwa penjualan iPhone bakal menurun. Namun tidak sedikit pula yang menganggap bahwa dominasi Apple akan tetap stabil, bahkan meningkat.

WHAT TO READ NEXT ?