Kekayaan Apple kini tembus 2,5 triliun!

Kekayaan Apple kini tembus 2,5 triliun!

Techno.id - Seperti dikutip TechCrunch (28/04/15), laporan kas terbaru melaporkan bahwa kekayaan Apple Inc. kini telah menembus angka USD 194 miliar atau setara dengan Rp. 2,5 triliun. Kekayaan Apple tersebut di antaranya meliputi uang tunai, surat berharga jangka pendek dan surat berharga jangka panjang.

Dengan kekayaan sebesar itu, Apple diperkirakan akan terus menggunakan mayoritas kekayaannya untuk berinvestasi jangka panjang dengan banyak perusahaan. Dana sebesar itu juga diperkirakan masih mampu untuk membiayai (banyak) operasi Apple lainnya di masa depan.

Sementara itu, meskipun Apple memiliki jumlah hutang yang meningkat di kuartal ketiga tahun kemarin (27/09/15) dari Rp. 377 miliar menjadi Rp. 521 miliar, Apple merupakan salah satu perusahaan teknologi raksasa yang tidak memiliki banyak hutang daripada perusahaan sejenis lainnya.

Namun pertanyaannya adalah mengapa Apple berhutang? Jawabannya adalah karena Apple memiliki kebiasaan untuk menyimpan uang tunai di luar negeri. Selanjutnya, uang tersebut biasanya digunakan oleh Apple untuk mendongkrak pembelian saham.

Kebiasaan Apple tersebut dianggap cerdik mengingat peminjaman uang di Amerika Serikat (AS) memiliki suku bunga yang rendah. Di samping itu, Apple juga diyakini berusaha menghindari peraturan pajak tinggi yang ditetapkan oleh pemerintah AS ketika ada perputaran uang luar negeri yang masuk ke wilayahnya.

(brl/red)