Kejar kandungan lokal, HTC kerjasama dengan TiPhone?

Kejar kandungan lokal, HTC kerjasama dengan TiPhone?

Techno.id - Isu kehadiran fasilitas produksi milik perusahaan pembuat perangkat berteknologi 4G LTE (long term evolution) masih terus berhembus di Tanah Air. Kabar terbaru yang ramai diperbincangkan ialah kerjasama yang akan dilakukan vendor lokal TiPhone bersama manufaktur Arima Communication Corp., di Indonesia.

Konon kabarnya, HTC akan menjadi salah satu perusahaan yang bakalan menggunakan fasilitas produksi hasil patungan Arima dan TiPhone. Vendor ponsel asal Taiwan itu digadang-gadang menggandeng Arima-TiPhone supaya bisa mencapai tingkat kandungan dalam negeri di angka 40 persen seperti yang disyaratkan pemerintah pada handset 4G.

Ketika dikonfirmasi, pihak HTC membantah sudah adanya kesepakatan dengan Arima dan TiPhone untuk membuat produknya di fasilitas manufaktur mereka. Kami belum bersepakat dengan siapa pun soal pembuatan ponsel di Indonesia, bantah Faisal Siddiqui, President South Asia HTC kepada tim Techno.id.

Ia malah mengaku saat ini perusahaannya baru di tahap pembahasan aturan TKDN yang diinginkan Pemerintah Indonesia. Sekarang ini HTC masih mempelajari aturan yang baru ditetapkan pemerintah soal kandungan lokal. Kami masih belum memutuskan langkah apa pun yang berkaitan dengan itu, tambah Faisal.

Sayangnya, Faisal tak mau memberikan keterangan detil terkait rumor kerjasama yang dilakukan HTC bersama Arima seperti yang banyak diberitakan media bisnis internasional. Agaknya rumor ini muncul hanya karena HTC dan Arima merupakan rekan satu kampung halaman yang diprediksi kalangan analis bakalan bekerjasama demi menjawab tuntutan pemerintah Indonesia.

Selain Arima, perusahaan manufaktur lain yang sempat dikabarkan bakalan membangun pabrik di Indonesia ialah Foxconn. Raksasa manufaktur perangkat elektronik dunia tersebut disebut-sebut bakalan menggelontorkan dana investasi sampai kira-kira Rp14,2 triliun untuk membangun pabriknya di Tanah Air.

(brl/red)