Tiga kementerian urus TKDN namun beda wewenang

Tiga kementerian urus TKDN namun beda wewenang

Techno.id - Tiga Kementerian yakni Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo), Kementerian Perdagangan (Kemendag), dan Kementerian Perindustrian (Kemenperin) baru saja melakukan kesepakatan untuk menandatangani Peraturan Menteri (Permen) tentang aturan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN).

Namun bagaimana dengan wewenang tiga kementerian tersebut? Dilansir olehMerdeka.com (03/07/15), Dikatakan Menkominfo Rudiantara jika wewenang masing-masing kementerian akan disesuaikan dengan bidangnya. Misalnya saja di mulai dari Kemkominfo yang memiliki wewenang membuat kebijakan. Kebijakan tersebut, tidak hanya dari sisi pelanggan, tapi juga dibuat dari sisi jaringan.

"Kebijakan ini dua-duanya harus berjalan seimbang. Misalnya saja nih, TKDN efektif 1 Januari 2017, tapi juga kita jaringannya juga didorong. Nah, jaringan kan minggu depan kita mau launching yang 1800MHz di Indonesia Timur," ujarnya dikutip dari Merdeka.com.

Setelah itu, ia juga menambahkan wewenang yang akan dilakukan Kemendag, yakni mengatur perizinan impor dan peredarannya berdasarkan rekomendasi Kominfo.

"Misalnya, Kemendag akan mengontrol dan mengatur perdagangan distribusinya. Dan itu berdasarkan dari Kemenperin," ujarnya.

(brl/red)