Militer Amerika Serikat membuat robot, tapi yang tugasnya memasak

Militer Amerika Serikat membuat robot, tapi yang tugasnya memasak

Techno.id - Interaksi antar manusia dan robot akan semakin lekat saja. Ya, Anda pasti sudah mendengar beragam kabar tentang penciptaan robot untuk kepentingan banyak sektor. Nah, kali ini, telah hadir sebuah robot dengan spesifikasi khusus sebagai koki alias tukang masak.

Yang menjadi robot koki itu istimewa adalah Anda tidak perlu mengajarkannya untuk memasak. Biarkan saja robot ini menonton video pengolahan makanan di Youtube, maka robot tersebut akan belajar dengan sendirinya. Anda tidak perlu mengkhawatirkan kemampuan robot tersebut, karena "otaknya" sudah diprogram dengan algoritme khusus untuk menerima informasi visual dan software yang menggerakkan robot tersebut layaknya video yang usai dipelajari.

Seperti dilansir oleh LiveScience (3/2/15), terciptanya robot tersebut adalah salah satu pertanda majunya penelitian di bidang robotika. Pasalnya, robot - yang proses pembuatannya melibatkan sekumpulan peneliti dari Universitas Maryland - itu bisa menerima, mengolah, dan mengeksekusi informasi yang sifatnya visual. Menurut para peneliti, robot tersebut sudah bisa mengenali 79 persen objek yang ada di video dengan benar. Kemampuannya untuk mengambil aksi yang tepat pun sudah mencapai 83 persen.

Sebagai info tambahan, robot tersebut lahir berkat pendanaan dari Defense Advanced Research Projects Agency (DARPA). Uniknya, DARPA adalah salah satu divisi yang dibawahi langsung oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat. Menurut Anda, apakah robot tersebut nantinya akan "ditugaskan" di medan perang untuk mendiami pos dapur?

(brl/red)