Kecanggihan teknologi mobile buat orang mudah lupa

Kecanggihan teknologi mobile buat orang mudah lupa

Techno.id - Sebuah studi yang dilakukan oleh Kasperksy Lab dan Opinion Matters menunjukkan bahwa penyimpanan memori pada perangkat mobile digital telah mengakibatkan penurunan jumlah ingatan pada otak manusia. Setiap harinya, semua orang membawa ponsel pintar yang mampu mengingat segalanya. Hal ini membuat otak menjadi malas dan tak mau mengingat sesuatu.

Sungguh mengkhawatirkan, hampir semua orang mungkin tidak mampu mengingat nomor telepon lagi. Ya, masalah ini terdengar sepele yakni mengingat deretan nomor telepon, tapi coba bayangkan betapa lemah otak manusia ketika dikatakan tak mampu mengingat nomor telepon orang lain, bahkan nomor teleponnya sendiri.

Menurut hasil penelitian Kasperksy Lab, 71 persen dari seluruh responden di Inggris tidak dapat mengingat nomor telepon anak-anak mereka. Kemudian, sebanyak 57 persen tidak ingat nomor telepon kantor mereka, dan parahnya 49 persen tak mengingat nomor telepon pasangannya, seperti yang disadur dari New.Softpedia (4/7/15).

Untung dari semua responden tersebut, ada 47 persen yang mengakui bisa mengingat nomor telepon rumah dan anak mereka. Itupun terjadi beberapa waktu lalu, saat mereka belum memiliki smartphone atau belum dibelikan ponsel oleh orang tuanya.

(brl/red)